PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Anak Agung Sri Haryanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Kertih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3947

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap pemahaman konsep IPS siswa (2) pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (3) pengarus secara simultan model pembelajaran Example Non Example terhadap pemahaman konsep IPS dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimen dan menggunakan desain penelitian the posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah 6 kelas VII IPS dengan sampel kelas VIIA dan VIIB yang ditentukan dengan teknik Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes uraian/essay. Uji hipotesis menggunakan Uji Anava dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap pemahaman konsep IPS siswa (2) ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (3) ada pengaruh secara simultan model pembelajaran Example Non Example terhadap pemahaman konsep IPS dan kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Mulyana. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda.

UU SISDIKNAS No.20 Th. 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Lasmawan, I Wayan. 2016. Pendidikan IPS. Singaraja : Mediakom Indonesia Press Bali

Somantri, M.N. 2001.Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : SPS UPI

Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi (Edisi Revisi). Jakarta: Alfabeta.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur Hestiningsih. 2015. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pembelajaran IPS Melalui Metode Problem Solving Berbantuan Media Informasiâ€. Jurnal Pendidikan IPS Volume 2 No 1.

Downloads

Published

2019-10-31

Issue

Section

Articles