PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KESADARAN MULTIKULTURALISME DAN HASIL BELAJAR IPS

I Wayan Tisna, I Wayan Kertih, I Putu Sriartha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) secara bersamaan perbedaan kesadaran multikulturalisme dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (2) perbedaan kesadaran multikulturalisme antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (3) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan “post test-only control group design”. Populasi target penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Abiansemal, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Abiansemal tahun pelajaran 2018/2019. Sampling penelitian diambil dengan teknik random sampling dengan dua tahapan. Data dikumpulkan dengan kuesioner untuk kesadaran multikulturalisme dan tes untuk hasil belajar IPS. Metode analisis data menggunakan analisis manova satu jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara bersamaan kesadaran multikulturalisme dan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (2) kesadaran multikulturalisme siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (3) hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

References


Alo Liliweri. 2003. Makna Budaya Dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: LKIS.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Azra, Azyumardi. 2007. Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia. Yogyakarya : Kanisius.

Candiasa, I Made. 2004. Analisis Butir Disertai Aplikasi dengan ITEMAN, BIG STEPS dan SPSS. Singaraja : Penerbit IKIP Negeri Singaraja.

Candiasa, I Made. 2007. Statistik Multivariat Disertai Petunjuk Analisis dengan SPSS. PPs Undiksa Singaraja.

Dantes, N. 2012. Metodelogi Penelitian untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora.

Singaraja : UNDIKSHA.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Erny, dkk, 2017, Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berfikit Tingkat Tinggi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Keepahiang, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2 (1), Tersedia pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/3088, Diakses pada: 25 Desember 2018.

Endayani, Henni, 2017, Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Sosial, 1 (1), Tersedia pada: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/1158/922, Diakses pada: 26 Desember 2018.

Gary Yukl. 2005. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Hadi, Lalu Sirajul. 2004. Pengembangan Metode Pembelajaran Multikultural dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Multikultural Siswa: Eksperimen Pada SLTP Negeri 5 Mataram. Tesis. PPs. Undiksha Singaraja.

Hendricks. 2008. Bagaimana Mengelola Konflik : Petunjuk Praktis Untuk Manajemen Konflik Yang Efektif, PT Bumi Aksara,Jakarta.

Herry Puspa Dewi, K. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Sikap Multikultur Dan Prestasi Belajar IPS. Tesis (tidak diterbitkan ). Singaraja : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Intan Arieyanti, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik dan Sikap Demokrasi Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa SMP Negeri 4 Negara-Bali

Tesis (tidak diterbitkan ). Singaraja : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Lasmawan, W.2010. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Yang Inovatif.

Singaraja : Undiksha.

Lasmawan,W.2012. Pembelajaran Inovatif Dalam Pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial,(makalah)) disampaikan pada Seminar Pendidikan dan Pelatihan Propesi Guru (PLPG) Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Marjan, Johari, 2014, Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, Jurnal Program Studi IPA, 4, Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/122899-ID-pengaruh-pembelajaran-pendekatan-saintif.pdf, Diakses pada tanggal: 25 Desember 2018.

Nur Syam. 2008. Tantangan Baru Multikulturalisme di Indonesia. Yogyakarta : Kanisius.

Purwasito, Andrik. 2003. Komunikasi Multikultural. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Rustam, Ibrahim, 2013, Pendidikan Multikultural : Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam, Jurnal ADDIN, 7 (1), Tersedia pada: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/ view/573, Diakses pada: 25 Desember 2018.

Singgih Santoso. 2002. SPSS Statistik Multivariat. Jakarta : Elex Komputindo.

Sardiman A.M. 2005. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

S. Belen. 2006. Pendidikan Religiositas di Sekolah. Jakarta: P4KB Ditjen Manajemen Dikdasmen, Depdiknas.

Suparlan, Parsudi. 2002. Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural. Makalah Simposium Jurnal Antropologi III. Denpasar Bali.

Supairon, 2016, Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13, Jurnal Pendidikan Profesional, 5 (3), Tersedia pada: http://www.jurnalpendidikanprofesional.com/index.php/JPP/article/download/186/pdf_104, Diakses pada: 25 Desember 2018.

Suyanto. 2006. Dinamika Pendidikan Nasional (Dalam Percaturan Dunia Global). Jakarta: Pusat Studi Agama dan Peradaban (PSAP) Muhammadiyah.

Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme Tantangan-Tantangan Glogal Masa Depan Dalam Transpormasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grassindo.

Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto pendidikan Nasional: Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta: Buku Kompas.

Uno, B.H. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.

Yudana, I Made. 2006. Monokulturalisme dan Multikulturalisme. Materi Perkuliahan Manajemen Berbasis Budaya PS. Manajemen Pendidikan PPs. Udiksha Singaraja.

Yunus, M. Firdaus. 2007. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial-Paulo Feire & YB. Mangunwijaya. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Zamroni. 2001. Pendidikan Untuk Demokrasi Tantangan Menuju Civil Society Yogyakarta : Bigraf.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.