PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MATERI KEARIFAN LOKAL PRANATA MANGSA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI

I Komang Suardana, I Putu Sriartha, I Wayan Kertih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi pembelajaran Geografi, mengembangkan materi pembelajaran Geografi berbasis kearifan lokal Pranata Mangsa dan menganalisis efektivitas penerapan materi pembelajaran Geografi berbasis kearifan lokal Pranata Mangsa terhadap proses belajar dan hasil belajar perserta didik di SMAK Soverdi Tuban. Penelitian ini menggunakan model penelitian RnD. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis deskriptif kualitatif untuk tahap define dan design, serta deskriptif kuantitatif dan Post-Test Only Control Group Design untuk tahap Develop dengan sampel kelas X2. Hasil penelitian memperlihatkan (1) kondisi pembelajaran geografi di SMAK Soverdi  sudah memadai tetapi pada secara kualitatif masih kurang pada sisi lain gurunya sangat kurang. Disisi lain, kondisi pembelajaran di SMAK Soverdi  tidak terlepas dari Kendala sebagai guru geografi khususnya kesulitan dalam menyediakan perangkat pembelajaran (RPP), model dan sumber belajar yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran geografi. (2) Desain pengembangan materi pembelajaran geogafi, berbasis kearifan lokal Pranata Mangsa yang dikembangkan dalam bentuk RPP, pengembangan instrumen penilaian dan pengembangan LKS berkategori baik dan layak digunakan setelah melalui tahap validasi.(3) berdasarkan pelaksanaan pembelajaran dalam uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukan secara kualitatif dan kuantitatif penerapan materi pembelajaran geografi berbasis kearifan lokal Pranata Mangsa efektif dalam meningkatkan proses belajar dan hasil belajar perserta didik.


Full Text:

PDF

References


Ardana, I Ketut Gede. (2018). “Pengembangan Materi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana DI SMP Negeri 1 Kuta Utara. Tesis (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Aji Pamungkas. 2017. Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Fisik, Universitas Negeri Semarang. Jurnal Inovasi IPA Volume 3 halaman 118-127.

Azizahwati dan Moh Yasin. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Riau dan Fakultas pendidikan, University Kebangsaan Malaysia.Jurnal Geliga Sains. Volume 5 halama 65-69.

Brog, W.R and M. D, Gall.1989. education Research: An Introduction Kurikulum. Fifth Edition. New York and London: Logman

Daljoeni, N. 1981. Bunga Rampai Geografi Sosial. Bandung: Alumi.

Darmodjo. H dan Kaligis, J. (1993). Pendidikan IPA II. Jakarta: Dirjen Dikti.

Depdiknas. 2008. Kurikulum dan Hasil Belajar. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Heni, Waluyo Siswanto. 2011. Studi Efektivitas Pembelajaran Terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdiknas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 17, Nomor 2 maret 2011.

Nita Apsari, Ni Luh Gede. (2015). “Pengembangan Materi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bali (Tri Hita Karana) DI SMP Negeri 3 Sawan. Tesis (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Putra, Ida Bagus Ngurah Dharma. 2014. Sasih manut Matahari, Surya Warsa. Denpasar: Tanpa Penerbit.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Suastra, I. W., Tika, K.,& Kariasa, N. (2011). Efektivitas model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP. JPPP Lemlit, 5(3), 258–273.

Wibowo, dkk. 2015. Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal di sekolah (konsep, strategi, dan implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.