PEMANFAATAN KOPERASI KREDIT SWASTIASTU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN NILAI SOSIAL EKONOMI PADA MATA PELAJARAN IPS

Yakobus Moda Laka, Iyus Akhmad Haris, Anantawikrama Tungga Admadja

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan sumber belajar IPS yang relevan dengan kehidupan peserta didik baik dalam lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah tempat peserta didik menimba ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kondisi pembelajaran IPS; (2) nilai sosial ekonomi koperasi kredit Swastiastu yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran; dan (3) efektivitas hasil belajar IPS dengan memanfaatkan koperasi sebagai sumber belajar pada siswa kelas IX SMPK Santo Paulus Singaraja. Jenis penelitian ini adalah research and devlopment (R&D). Teknik pengumpulan data yang diguanakan pada tahap difine dan design adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan pada tahap development menggunakan tes dan nontes. Pada tahap uji efektivitas produk pembelajaran digunakan rancangan penelitian eksperimen yaitu the one group pretest- posttes. Hasil penelitian menunjukan; (1) kondisi pembelajaran IPS masih perlu diperbaiki, karena guru kurang memanfaatkan sumber belajar atau materi yang relevan dengan tuntutan pokok bahasan, kurang memanfaatkan media pembelajaran, dan rencana pelakasanaan pembelajaran hanya sebatas kelengkapan administrasi; (2) Sikap kerjasama, toleransi, jujur, dan tanggungjawab yang berkembang pada koperasi kredit Swastiastu dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar pembelajaran IPS, 3) Penerapan model pengintegrasian nilai sosial ekonomi koperasi, secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS.


Full Text:

PDF

References


Al Muchtar, Suwarma. 2014. Pengembangan Berpikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Barombo, A. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Koperasi Credit Union (CU) Studi Pada CU. Khatulistiwa Bakti Pontianak, 1–17.

Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTESP. Singaraja: Undiksha Press.

Depdiknas.2006.Model Pembelajaran Terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTS/SMPLB. Jakarta. Badan Penelitian Dan Pengembangan Nasional.Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, Suhendar. 2004. Analisis Manfaat Lembaga Keuangan Berbentuk Koperasi (KSP/USP). Jurnal Ekonomi & Bisnis. No. 2 .

Sugiharso,2009 “Sistem Ekonomi Kopersi Sebagai Solusi Masalah Perekonomian Indonesia, Mungkinkah?” Jurnal Ekonomi Pendidikan Volume 6, No 1, April, 2009.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian, Lembaran Negara Republik Indonesia § (1992). https://doi.org/10.1017/C BO9781107415324.004.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.