PENGARUH PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS YADNYA MENGGUNAKAN KEARIFAN LOKAL BALI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran berbasis Yadnya secara simultan terhadap hasil dan motivasi belajar PPKn, (2) pengaruh Pembelajaran Berbasis Yadnya terhadap hasil belajar PPKn, (3) pengaruh Pembelajaran Berbasis Yadnya terhadap motivasi belajar PPKn. Penelitian berbentuk kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian berjumlah 109 orang. Sampel penelitian sebanyak 64 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan class random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran berbasis yadnya secara simultan terhadap hasil dan motivasi belajar PPKn dengan kearifan lokal Tri Kaya Parisudha F = 10,724 dan memiliki signifikansi 0,000.; (2) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran berbasis yadnya terhadap hasil belajar PPKn dengan kearifan lokal Tri Kaya Parisudha F = 19,305 dan memiliki nilai signifikansi 0,000; (3) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran berbasis yadnya terhadap motivasi belajar PPKn dengan kearifan lokal Tri Kaya Parisudha dengan F = 4,221 dan memiliki nilai signifikansi 0,044
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aminatul, Zahroh. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.
Anggreni, Implementasi Ajaran Karma Yoga dalam Kitab Bhagawadgita pada Kehidupan Beragama di Kota Denpasar. Jurnal Vidya Samhita IHDN Denpasar, Vol 1 No. 2 Tahun 2015.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Kertih. 2015. Perangkat Pembelajaran PPKn Perencanaan dan Pengembangan. Yogyakarta: Media Akademi.
Rasna, I Wayan dkk, Harmonisasi Kearifan Lokal Nusantara dan Bali untuk Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Sebuah Analisis Etno-Pedagogi. Jurnal Kajian Bali Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 06 No. 01 Tahun 2016.
Suastika, I Nengah dkk, Memberdayakan Guru-Guru SMP Dan SMA PGRI Seririt Untuk Melaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Yadnya Dalam Rangka Pendidikan Karakter Bangsa. Singaraja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Laksana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4 No. 2 Tahun 2015
Subagia, Lanang Wiratma, Taksonomi pembelajaran dan penilaian Hasil belajar Berbasis Trikaya. Singaraja. Jurnal Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 1 No. 1 Tahun 2012
Sudharta, Tjok Rai. 2001. Upadesa tentang Ajaran-ajaran Agama Hindu. Surabaya: Paramita
Suherman. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukadi. 2007. Belajar dan Pembelajaran ( Suplemen Materi Kearifan Lokal Budaya Bali). Singaraja: Unit Penerbitan Undiksha.
Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3951
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.