KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYA HARTA JAYA DI DESA BAKTISERAGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMPN 4 SINGARAJA

Gede Nogi Paranesa, Nengah Bawa Atmadja, Anantawikrama Tungga Admadja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan tata kelola dan tata pamong koperasi Karya Harta Jaya; 2) menganalisis nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Koperasi Karya Harta Jaya; dan 3) menetapkan model pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran IPS dikelas IX SMPN 4 Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Data ini selanjutnya diolah melalui tiga tahapan, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarik kesimpulan berdasarkan teori yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koperasi karya harta jaya merupakan koperasi yang tata Kelola dan tata pamongnya cukup efektif dan berkembang sebagai salah satu koperasi di Kabupaten Buleleng, Koperasi Karya Harta Jaya ini memperjuangkan dengan berbagai cara baik dari segi pelayanan dan pengelolaan manajemen. Di dalam Koperasi Karya Harta Jaya terkandung nilai-nilai karakter kejujuran, disiplin, kerja sama, dan tanggungjawab Pengintegrasian Koperasi Karya Harta Jaya dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan melalui perangkat pembelajaran, materi ajar dan LKS. Pengintegrasian ini akan memperkutat terwujudnya penanaman nilai-nilai karakter yang berguna dan bermakna positif bagi generasi muda khususnya para siswa SMP.


Full Text:

PDF

References


Abdulah Winarno, dkk. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran Panduan Lengkap Untuk Para Pendidik dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Genius Prima Media.

Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Ahmad, Shaleh Nazili. 2011. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media.

Ali, Mukti. 1962. Studi Agama Normatif atau Historis. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Anantawikrama. 2011. Penyertaan Modal Sosial Dalam Struktur Pengendalian Intern Lembaga Perkreditan Desa (LPD) (Studi Kasus Pada LPD Desa Pakraman Penglatan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika. Vol.1, No.1.

Anantawikrama. 2015. Habitualisasi Sebagai Model Pendidikan Antikorupsi Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis Vol. 10, No.2 Tahun 2015.

Anantawikrama. 2016. Analisis Transparasi Dan Akuntabilitas Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pelaporan Keuangan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) (Studi Kasus Pada LPD Desa Pakraman Banyuning, Kecamatan Buleleng). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi S1. Vol.4, No. 1. Anshari, Endang Saifuddin. 1979. Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Astara, Wesna I Wayan. 2010. Pertarungan Politik Hukum Negara dan Politik Kebudayaan. Denpasar: Udayana University Perss.

Bagong, Suyanto dan Sutinah. 2007. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Darmayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogjakarta: Araska. Daryanto. 2014. Pembelajran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta: Gava Media.

Dedikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: PT Grafindo Raja Persada.

Ervianto, Wulfram. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi, Edisi Pertama. Yogyakarta: Salemba Empat.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung : Alfabeta

Gunawan, Ketut. 2009. Analisis Faktor Kinerja Organisasi Lembaga Perkreditan Desa di Bali (Suatu Pendekatan Perspektif Balanced Scorecard). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 11, No. 2, Tahun 2009.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif :Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hilmi. 2015. Nilai-nilai kearifan Lokal Dalam Perilaku Sosial Anak-anak Remaja di Desa Sempit Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur" terbitan Universitas Negeri Semarang. Journal of Educational Social Studies 4 (1) (2015).

Indisusilo. 2012. Panduan Lengkap Membuat Silabus dan RPP. Cetakan I. Kata Pena.

Joyce, Bruce dan Marsha Weil. 1986. Model Of Teaching Third Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc. Englewood Cliffs.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Muhammad Numan Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Cetakan 5. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter menjawab Tantangan Krisi Multidimensional. Jakarta: PT Bumu Aksara.

Nasution.2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Dewa Bagus dan Wayan Sugiartha. 2013. “Harmonisasi, Integrasi Desa Pakraman dengan Desa Dinas yang Multietnik dan Multiagama

Menghadapi Pergeseran, Pelestarian, dan Konflik di Bali”. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol.2, No.2: 265-266.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT.Rosdakarya.

Soeprapto. 2010. Pembelajaran Ips Terpadu (Studi Kasus SMP Negeri Kabupaten Pati). Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Sudantra, I Ketut. 2007, "Pelaksanaan Fungsi Hakim Perdamaian Desa dalam Kondisi Dualisme Pemerintahan Desa di Bali". Tesis (Tidak diterbitkan) Program Pasca Sarjana Universitas Udayana Denpasar.

Sudjana, Nana. 1998. Dasar-dasar Pproses Belajar Mengajar; Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi.2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Bumi Aksara.

Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supardana, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Bumi Aksara. Jakarta.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS

Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Pengembangan MKDP. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Universitas Pendidikan Indonesia.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.