Serious Game Jaringan Komputer Berbasis Simple Additive Weighting

PUTU TRISNA HADY PERMANA S ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp. ., DRS. I NYOMAN SUKAJAYA, M.T. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas penggunaan serious game sebagai media evaluasi pembelajaran khususnya pada materi jaringan komputer. Metode yang diaplikasikan dalam serious game adalah metode simple additive weighting. Metode tersebut digunakan untuk menentukan skor akhir berdasarkan kriteria dan bobot yang sudah ditetapkan, sehingga pemain yang mendapatkan skor terbaik merupakan pemain yang lebih memahami materi jaringan komputer. Serious game mensimulasikan keadaan sebenarnya dalam membangun jaringan komputer yang terdiri dari 4 level diantaranya, level 1 memilih perangkat jaringan, level 2 mengkonfigurasi perangkat jaringan, level 3 membangun jaringan komputer, dan level 4 mengkonfigurasi jaringan komputer. Uji efektivitas penggunaan serious game melibatkan 5 orang mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika dan Komputer Kampus Alfa Prima, dengan cara melakukan uji coba pada level 1 dan level 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode simple additive weighting pada serious game memberikan nilai akhir yang mendekati nilai manual. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase selisih antara nilai UTS dari nilai hasil serious game dengan selisih terbesar adalah 13% dan terkecil adalah 3%. Berdasarkan persentase selisih tersebut diperoleh kesesuaian hasil yang terletak dalam jangkauan 87% sampai dengan 97%. Berdasarkan hasil tersebut; peneliti menyimpulkan bahwa serious game efektif digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran, karena dapat mengukur tingkat pemahaman mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika dan Komputer Kampus Alfa Prima terhadap materi jaringan komputer. Konsep serious game yang dikembangkan pada penelitian ini hanya mencakup 2 level dari 4 level rancangan permainan, saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan 2 level rancangan permainan yang belum dikembangkan.
Kata Kunci : serious game, jaringan komputer, simple additive weighting

This study aims to develop and test the effectiveness of using serious games as evaluation media of learning, especially on the subject matter of computer network. The method was applied in the serious game is simple additive weighting method. The method used to determine the final score based on the criteria and weighting that have been defined, so that players get the best score a player who better understand the computer network material. Serious game simulates the real situation in building a computer network consisting of four levels of them, level 1 choose the network device, level 2 configure network devices, level 3 computer network building and level 4 configure a computer network. Tested the effectiveness of using serious games involving five students from the Department of Management Information and Computer Campus Alfa Prima, by means of testing on level 1 and level 2. The results showed that the application of simple additive weighting method in the serious games value approaches the end of the manual. It can be seen from the percentage difference between the UTS value with the biggest margin of serious games was 13% and the smallest is 3%. Based on the percentage difference between results obtained suitability lies in the range 87% to 97%. Based on these results; Researchers concluded that serious game effectively used as a evaluation media of learning, because it can measure the level understanding of student from the Department of Management Information and Computer Campus Alfa Prima on a computer network material. The concept of serious game developed in this study only includes two level of four level design of the game, suggestions for future research are expected to develop a two level game design that has not been developed.
keyword : serious game, computer network, simple additive weighting



DOI: https://doi.org/10.23887/jik.v2i1.2237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA


Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


JURNAL ILMU KOMPUTER INDONESIA Undiksha indexed by:

     

Creative Commons License