PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI /TEKNOLOGI INFORMASI INNA GRAND BALI BEACH
Abstract
Perkembangan teknologi sejak lama sudah menyebabkan timbulnya persaingan bisnis yang sangat ketat antar perusahaan. Sebuah sistem informasi menjadi penting dalam membantu jalannya perusahaan dalam ekonomi global saat ini. Dalam hal tersebut, INNA Grand Bali Beach yang merupakan salah satu hotel berbintang lima harus memiliki perencanaan strategis sistem informasi untuk bisa bersaing di dunia bisnis yang semakin berkembang dan memiliki banyak pesaing bisnis. Saat ini INNA Grand Bali Beach masih menggunakan sistem informasi yang menunjang kegiatan berbisnis di hotel tersebut, tapi sistem informasi dirasakan kurang maksimal yang menyebabkan lambatnya transfer data ke server Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi strategis perencanaan pada sistem informasi di hotel INNA Grand Bali Beach untuk kedepannya agar dapat berkompetisi di bidang bisnis perhotelan. Metode yang digunakan adalah Ward and Peppard, dengan menggunakan analisis data SWOT, PEST, Value Chain, Five Forces, Critical Success Factor. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan dengan menggunakan diagram matriks SWOT, didapatkan hasil Eksternal Faktor Analisis SWOT yaitu 1,9 dan pada Internal Faktor Analisis SWOT didapatkan hasil -1, yang berarti berada pada kuadran mengubah strategi. Ini berarti perusahaan disarankan untuk memperbaiki dan mengembangkan sumber daya manusia, sehingga dalam mengoperasikan suatu sistem informasi dapat lebih optimal. Hasil dari penelitian ini berupa portfolio perencanaan strategis sistem informasi mendatang dengan menambahkan beberapa sistem informasi seperti Customer Relationship Manajemen, Knowledge Management System, Sistem Informasi keluhan pelanggan, SI Security, SI Absensi, dan Aplikasi Mobile. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penerapan perencanaan strategis sistem informasi yang berbeda terhadap penerapan di berbagai perusahaan lain yang menerapkannya dengan menambah pendektan faktor kepuasan pelanggan, efektifitas sistem informasi, pengaruhnya terhadap kinerja dan lain-lain.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jik.v3i2.2761
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id