ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT (SIRS) JIWA PROPINSI BALI DENGAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

I Wayan Gede Sabdana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) di RSJ Propinsi Bali dan merumuskan rekomendasi perbaikan SIRS. Meningkatnya keluhan pengguna sistem informasi dan belum adanya penelitian terkait analisis tingkat kepuasan pengguna SIRS di RSJ Propinsi Bali, mendorong peneliti melakukan penelitian terkait tingkat kepuasan pengguna SIRS di RSJ Propinsi Bali dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). EUCS adalah metode untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna SIRS, yang terdiri dari variabel information quality (IQ) dan system quality (SQ). Pendekatan yang digunakan yaitu Ex Post Facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert yang divalidasi oleh dua judges. Uji validitas kuesioner dilakukan dengan menerapkan teori rumus Gregory, uji reliabilitas dengan pendekatan likert oleh Uno (2006). Kuesioner disebar kepada 60 responden yang merupakan pengguna SIRS di RSJ Propinsi Bali. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Chi2, uji homogenitas, serta uji stastika deskritif secara holistik, variabel dan dimensi. Hasil penelitian ini berupa skor rata-rata (mean) tingkat kepuasan pengguna untuk menentukan kriteria tingkat kepuasan pengguna, mean dimasukan dalam tabel kriteria Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil skor variabel IQ mean = 83,0 termasuk kriteria “sangat puas” dalam tabel CSI dan SQ mean = 76,9, termasuk kriteria “puas” dalam tabel CSI. Perbandingan pengaruh dimensi dengan ANAVA menghasilkan 3 (tiga) dimensi yang berpengaruh signifikan, yaitu content dengan nilai signifikan (sig) = 0,031, system speed dengan nilai sig = 0,001 dan training dengan nilai sig = 0,003, yaitu berada dibawah taraf signifikan 0,05. Berdasarkan temuan data empiris, perbandingan SIRS yang digunakan di rumah sakit lain dan dari sumber literatur, peneliti memberikan 12 rekomendasi perbaikan terhadap SIRS pada setiap dimensi penelitian, yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kepuasan pengguna sistem informasi di RSJ Propinsi Bali. Dari hasil Focus Group Discussion (FGD) tentang 12 rekomendasi tersebut, terdapat 11 rekomendasi yang diterima dan 1 rekomendasi perbaikan ditolak oleh pihak RSJ Propinsi Bali. Penelitian ini masih menggunakan pendekatan analisis statistik data sederhana, sehingga kedepan tingkat kepuasan pengguna dan rekomendasi SIRS di rumah sakit ini perlu dikaji lagi lebih kompleks dan dalam.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jik.v4i1.2764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA


Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


JURNAL ILMU KOMPUTER INDONESIA Undiksha indexed by:

     

Creative Commons License