Evaluasi Sistem Informasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bangli pada Aspek Usability dengan Metode User Experience Questionnaire dan Think Aloud
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana hasil uji respons pengguna dengan User Experience Questionnaire terhadap Sistem Informasi Rumah Sakit Umum Kabupaten Bangli; Bagaimana hasil evaluasi antarmuka pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit Umum Kabupaten Bangli dengan metode Think Aloud; dan Bagaimana rekomendasi perbaikan Sistem Informasi Rumah Sakit Umum Kabupaten Bangli dengan menggunakan wireframe. Hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode User Experience Questionnaire terhadap 20 pengguna sistem berdasarkan UEQ Analysis Data Tool menyatakan bahwa aspek Daya tarik (1.46), Kejelasan (1.33), Efisiensi (1.16), dan Kebaruan (0.88) termasuk kategori di Atas Rata-rata. Kemudian untuk aspek Ketepatan (1.61) dan Stimulasi (1.45) mendapat hasil yang Baik. Dari hasil pengujian tampilan sistem dengan metode Think Aloud terhadap 8 pengguna sistem berdasarkan 12 skenario yang dibuat berdasarkan proses bisnis yang paling sering dilalui di rumah sakit, hampir semua skenario dapat dilalui dengan sukses, hanya ada 4 skenario yang masuk kategori setengah sukses. Kemudian berdasarkan tingkat severity rating didapatkan 3 perbaikan yang masuk kategori Cosmetic Problem, kemudian terdapat 10 perbaikan yang masuk kategori Minor Problem, lalu terdapat 1 kategori Mayor Problem. Berdasarkan dua metode pengujian yang telah dilakukan, dapat dihasilkan perbaikan khususnya pada aspek tampilan sistem. Perbaikan dapat dilakukan dalam bentuk wireframe yang dapat dipergunakan sebagai acuan untuk proses pengembangan sistem informasi rumah sakit selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jik.v6i2.3685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id