RANCANG BANGUN LEARNING ENVIRONMENT KONSTRUKSI BANGUN DATAR DENGAN DETEKSI KESALAHAN KONSTRUKSI

Authors

  • Gusti Agung Wirapathi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sukajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Suweken Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jik.v7i1.3817

Keywords:

Learning Environment, Konstruksi Bangun Datar, Intellegence Tutoring System (ITS)

Abstract

Pada penelitian ini, dilakukan pengembangan rancang bangun Learning Environment Konstruksi Bangun Datar yang dilengkapi dengan rancangan algoritma untuk mendeteksi kesalahan konstruksi yang mungkin terjadi sebagai upaya mengatasi kelemahan-kelemahan dari perangkat-perangkat pembelajaran yang sudah ada ketika peserta didik belajar mengonstruksi objek secara mandiri tanpa pengawasan dari pendidik. Rancang bangun Learning Environment Konstruksi Bangun Datar yang dikembangkan melalui tahap analisis kebutuhan lingkungan pembelajaran serta tahap perancangan lingkungan belajar. Hasil yang diperoleh meliputi rancang bangun (Storyboard) Learning Environment Konstruksi Bangun Datar yang dilengkapi rancangan Algoritma Deteksi kesalahan Konstruksi. Mengacu pada hasil yang diperoleh dapat direkomendasikan rancangan Learning Environment Konstruksi Bangun Datar untuk dikembangkan lebih jauh sebagai salah satu Intellegence Tutoring System (ITS).

Author Biographies

Gusti Agung Wirapathi, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

I Nyoman Sukajaya, Universitas Pendidikan Ganesha

Dosen S-1 Pendidikan Matematika, S-1 Matematika, dan S-2 Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Ganesha

Gede Suweken, Universitas Pendidikan Ganesha

Dosen S-1 Pendidikan Matematika, S-1 Matematika, S-2 Pendidikan Matematika dan S-2 Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Ganesha

References

A. S. Tsauri, E. P. Nugroho, and Y. Wibisono, “PENGEMBANGAN MODEL SISTEM ELEARNING KOMUNITAS DENGAN PENDEKATAN PERSONAL LEARNING ENVIRONMENTS ( PLEs ),†J. Pendidik. Teknol. Inf. DAN Komun., vol. 2, no. 2, pp. 25–32, 2009.

K. Daungcharone, K. Thongkoo, and J. Thanyaphongphat, “Smart Learning Environment to Augment the Learners’ Programming Skills,†2020 Jt. Int. Conf. Digit. Arts, Media Technol. with ECTI North. Sect. Conf. Electr. Electron. Comput. Telecommun. Eng. ECTI DAMT NCON 2020, pp. 293–297, 2020, doi: 10.1109/ECTIDAMTNCON48261.2020.9090736.

Y. Gowasa, “Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh,†SABILARRASYAD J. Pendidik. DAN ILMU KEPENDIDIKAN, vol. 6, no. 1, pp. 20–22, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/issue/view/97.

M. A. Hanafi, “Deskripsi Kesulitan Belajar Geometri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo,†Pros. Semin. Nas., vol. 03, no. 1, pp. 273–283, 2017.

Tanzimah, “Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika,†Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI PALEMBANG, pp. 610–616, 2019.

C. T. Pratala, E. M. Asyer, I. Prayudi, and A. Saifudin, “Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path,†J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 2, p. 111, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i2.4713.

Downloads

Published

2022-12-13

Issue

Section

Articles