THE PROFILE OF COMMUNICATION STRATEGIES USED BY JUNIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS IN TEACHING AND LEARNING PROCESS IN SMP NEGERI 2 SUKAWATI

I GUSTI AYU INDAH TRIANA JULIARI ., Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA ., Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, MA .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Sukawati. Penelitian ini meliputi jenis dari strategi komunikasi, alasan dari penggunaan strategi komunikasi dan persepsi siswa terhadap strategi komunikasi yang digunakan oleh guru. Subjek dari penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMP N 2 Sukawati di kelas tujuh dan delapan. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa instrument, seperti lembar observasi, kuesioner dan pedoman wawancara. Jenis dari strategi komunikasi didapatkan melalui mengobservasi dan merekam guru dalam proses belajar mengajar, sedangkan kuesioner digunakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap strategi komunikasi yang digunakan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 14 jenis dari strategi komunikasi yang digunakan oleh guru. Strategi perubahan kode adalah yang paling sering digunakan oleh guru. Strategi tersebut muncul sebanyak 35 kali di dalam proses belajar mengajar. Alasan dari guru menggunakan strategi tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dan membuat siswa mengerti mengenai materi. Data juga menunjukkan bahwa guru mendapatkan persepsi yang positif dari siswanya dalam menggunakan strategi komunikasi selama proses belajar mengajar.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, guru bahasa Inggris, dan proses belajar mengajar.

This study aimed at describing Communication Strategies used by Junior High School English teachers in SMP N 2 Sukawati. It includes kinds of Communication Strategies, the reasons of the use of Communication Strategies and the students’ perception toward Communication Strategies used by the teachers. The subjects of this study were Junior High School English teachers of the seventh and eighth grades of SMP Negeri 2 Sukawati. The data were collected by using some instruments namely observation sheet, questionnaire and interview guide. The kinds of Communication Strategies were gathered by observing and recording the teacher during teaching and learning process, while the questionnaire was used to investigate the students’ perception toward the Communication Strategies used by the teachers. The results of this study showed that there were 14 kinds of Communication Strategies used by the teachers. Code switching strategy was the most frequently used by the teachers. It occurred for 35 times in teaching and learning process. The reasons of the teachers used those strategies were to improve the students’ speaking abilities during teaching and learning process, and made them understood the material. The data also showed that the teachers got positive perception from their students in applying Communication Strategies during teaching and learning process.
keyword : Communication Strategies, English teacher, teaching and learning process

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v2i1.1383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.