Developing Project Based Learning Material for the Tenth Grade Students of SMA Negeri 3 Denpasar Based on Curriculum 2013

PUTU RUSANTI ., PROF. DR. NI NYOMAN PADMADEWI, M.A. ., DR. NI MADE RATMININGSIH, M.A. .

Abstract


Penelitian ini adalah sebuah Riset dan Pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran berdasarkan proyek untuk siswa kelas X di SMA Negeri 3 Denpasar dan menginvestigasi kualitas materi pembelajaran berdasarkan proyek yang dikembangkan di SMA Negeri 3 Denpasar. Penelitian ini menggunakan model Sgiyono (2009) yang terdiri dari mengidentifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan data, mendesain produk, memvalidasi desain, merevisi desain, melakukan uji empiris, dan merevisi produk. Penelitian ini berdasarkan observasi awal dan kuisioner yang menunjukkan bahwa guru memerlukan materi pembelajaran berdasarkan proyek untuk mengajar di kelas berdasarkan kurikulum 2013. Pembelajaran berdasarkan proyek ini sangat sesuai dengan pendekatan saintifik yang tertuang pada kurikulum 2013. Data dikumpulkan melalui kuisioner, rubrik, dan dokumen. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua belas bab pada buku. Setiap bab terdiri atas overview, grammar, practice, dan project. Proyek tersebut dikembangkan dengan inovatif sesuai dengan yang tertuang pada silabus. Kemudian, validitas produk yang dikembangkan diukur dari nilai rubrik yang diberikan kepada ahli dan guru. Rubrik ini dikembangkan dengan menggunakan kriteria materi yang bagus dari Thomlinson (1998). Data yang diperoleh dari ahli menunjukkan bahwa materi yang dikembangkan termasuk dalam kategori materi sangat baik. Disamping itu, hasil dari kuisioner pada siswa juga menunjukkan bahwa 84% siswa sangat tertarik dengan proyek yang diberikan oleh guru. Implikasi dari penelitian ini adalah materi yang dikembangkan dapat sebagai materi tambahan untuk guru dalam mengajar. Materi ini juga bermanfaat untuk siswa dalam mengimplementasi pendekatan saintifik.
Kata Kunci : Riset dan Pengembangan, Pembelajaran Berdasarkan Proyek, Materi Pengajaran

This study was a Research and Development (R&D) study. It aimed at developing Project Based Learning material for teaching English to the tenth grade students of SMA Negeri 3 Denpasar and examining the quality of developed Project Based Learning for teaching English to the tenth grade students of SMA Negeri 3 Denpasar. This research and development used Sugiyono Model (2009). This study was based on preliminary observation and questionnaire which showed that the teacher needed project based learning material for conducting teaching and learning process based on curriculum 2013. The data were collected through questionnaire, rubric and document. The data of the present study were analyzed qualitatively and quantitatively. The result of the study showed that there were twelve chapters in the book. Each chapter consisted of overview, pronunciation, grammar, excercise, and project. Then, it was analyzed by using criteria of a good material by Thomlinson (1998). The data from both expert judges and user judges showed that the developed material was categorized as excellent materials. Moreover, through questionnaire 84% of the students stated that they were interested in project which was given by their teacher. The implication of the study is this developed material can be used as supplementary materials for the teacher in teaching English through Project Based Learning. This material also contributes students to understand the implementation of scientific approach.
keyword : Research and Development, Project Based Learning, Teaching Material



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v3i1.1858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.