Developing Authentic Listening Materials for Food and Beverage Service Students of Monarch Bali

EKA GRANA ARISTYANA DEWI ., PROF. DR. PUTU KERTI NITIASIH, M.A. ., DR. I GEDE BUDASI, M.Ed.DIP APPLIN .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi materi mendengarkan yang digunakan pada Bahasa Inggris untuk pelayanan tata hidangan di Monarch Cruise Line and Hospitality Training Center; (2) mengembangkan materi mendengarkan yang dibutuhkan untuk Bahasa Inggris untuk tata hidangan Monarch Cruise Line and Hospitality Training Center; (3) menguji kualitas materi mendengarkan otentik untuk mahasiswa pelayanan makana dan minuman di Monarch Cruise Line and Hospitality Training Center. Penelitian ini menggunakan disain penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2014). Langkah-langkah disain tersebut, yaitu: mengidentifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan data, mendisain produk, memvalidasi disain, merevisi disain, menguji produk. Subjek penelitian ini adalah 25 orang mahasiswa pelayanan makan dan minuman, 3 pengajar Bahasa Inggris untuk pelayanan makanan dan minuman, dan manajer 6 hotel dan 1 villa di departemen pelayanan makanan dan minuman (stakeholders). Hasil dari penelitian ini menunjukkan para stakeholder membutuhkan karyawan yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dalam berbagai situasi di hotel dan restoran. Ada delapan topik utama di dalam materi yang dikembangkan ini, yaitu: menyambut tamu, menangani panggilan telepon, menangani pelayanan kamar, menangani pesanan, menyuguhkan makanan, menangani pembayaran, menangani keluhan, dan memberikan informasi. Kegiatan mendengarkan pada materi pengembangan ini terdiri dari pre-listening, whilst listening dan post listening¸ yang pada tiap akhir unit ditambahkan dengan beberapa kasus yang akan dihadapi di tempat kerja sebagai latihan. Hasil dari penilaian ahli terhadap materi yang dikembangkan ini termasuk kategori sangat baik. Begitu juga pada saat implementasi, menurut pengajar dan mahasiswa, produk yang diimplementasikan sudah sangat baik. Selain itu, materi mendengarkan yang dikembangkan memberikan dampak positif terhadap kemampuan mendengarkan mahasiswa tersebut dengan meningkatnya nilai mereka.
Kata Kunci : Bahasa Inggris untuk pelayanan tata hidangan, mendengarkan, materi otentik

This study aimed at: (1) identifying listening materials that are used for English for food and beverage service of Monarch Cruise Line and Hospitality Training Center; (2) developing authentic listening materials that are needed for food and beverage service of the training center; (3) investigating the quality of authentic materials for food and beverage service of the training center. This study applied Research and Development designed by Sugiyono (2014). The steps were identifying potential and problem, collecting data, designing product, validating design, revising design, and testing product. The subjects of this research were the 25 students of Food and Beverage Service of Monarch Cruise Line and Hospitality Training Center Dalung, 3 teachers of English for Food and Beverage Service, and 6 hotels and 1 villa managers of Food and Beverage Service Departments (stakeholders). The results show that the hotels and villas needed employees who are able to communicate in English in any situations in hotels or restaurants. There are eight main topics in the developed materials: welcoming guests, handling telephone, handling room service, taking order, serving food, handling payment, handling complaint, and giving information. The listening activities in the developed materials consist of pre-listening, while listening and post listening. Every unit in the developed materials are completed with some cases for practices. The results of the expert judgments toward the developed materials were excellent and the implementations of the developed materials were also excellent based on teachers’ and students’ point of views. Moreover, the listening materials gave positive impact to students’ listening skills that can be seen from the increase of the mean score after the implementations.

keyword : English for food and beverage service, listening, authentic materials



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v3i1.1859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.