Developing Integrated Computer Based Reading Material

SANG PUTU ARSANA ., PROF. DR. I NYM. ADI JAYA PUTRA, M.A. ., DR. ASRIL MARDJOHAN, MA. .

Abstract


Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian dan pengembangan (R & D) yang tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan materi membaca berbasis computer untuk siswa kelas x di SMK Pariwisata Ubud pada tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini antara lain (1) mencari kebutuhan belajar siswa kelas x di SMK Pariwisata Ubud pada tahun ajaran 2014/2015, (2) untuk menunjukkan cara pengembangan materi membaca berbasis computer untuk siswa kelas x di SMK Pariwisata Ubud pada tahun ajaran 2014/2015, (3) mencari pendapat siswa, guru, dan juri ahli tentang materi membaca berbasis computer. Hasil dari analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa kelas X di SMK Pariwisata Ubud membutuhkan materi yag dapat memotivasi mereka dalam belajar khususnya dalam pembelajaran membaca. Kemudian, materi dikembangkan berdasarkan pada criteria materi yang bagus dari Tomlinson. Sehingga diperoleh 7 tahapan pengembangan materi antara lain: (1) mengumpulkan isi materi, (2) membuat tampilan depan, (3) membuat tampilan isi, (4) mengisi materi, (5) membuat latihan-latihan, (6) menambahkan Hyperlink, (7) mengubah file PowerPoint. Setelah materi selesai, kemudian dinilai oleh Juri Ahli dan dibuktikan bahwa materi yang dikembangkan adalah materi yang sangat bagus.
Kata Kunci : Materi, Membaca, Genre

This study was a research and development (R & D) which mainly aimed at developing computer based reading material for Grade Ten Students of SMK Pariwisata Ubud in the Academic Year 2014/2015. The goals of this study were (1) finding out the learning need the students of SMK Pariwisata Ubud in the academic year 2014/2015, (2) to show the process of developing integrated computer based reading material for ten grade students of SMK Pariwisata Ubud in the academic year 2014/2015 and (3) finding out the response of the students, teacher, and expert judges about the integrated computer based reading material. The result of need analysis was the students needed a material which make them motivated in learning especially in reading. Therefore, a material was developed based on Tomlinson criteria of a good material through 7 steps such as (1) compiled the content, (2) making the introduction, (3) making the menu slides, (4) filling the slides with the content, (5) making the exercise, and (6) adding Hyperlink, (7) converting the PowerPoint. The material was evaluated by the expert judges, the result showed the developed material could be categorized as a very good material.
keyword : Material, Reading, Genre



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v3i1.1860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.