DEVELOPING ENGLISH INSTRUCTIONAL MATERIALS FOR TOUR GUIDES IN BALI: RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDY

I GEDE PUTU ADHITYA PRAYOGA ., PROF. DR. NI NYOMAN PADMADEWI, M.A. ., DR. LUH PUTU ARTINI, M.A. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan materi pembelajaran bahasa Inggris untuk Pramuwisata di Bali, dan 2) mendiskusikan bagaimana materi ini dikembangkan, dan 3) mendiskusikan bagaimana kualitas dari materi yang dikembangkan. Langkah- langkah dari penelitian ini diadaptasikan dari Borg dan Gall (1983), yang terdiri dari melakukan analisa kebutuhan, menyusun kerangka materi, melakukan uji pertimbangan para ahli, mengevaluasi dan merevisi draf pertama, uji coba di lapangan, mengevaluasi dan merevisi draf kedua, dan menulis draf akhir. Ada tiga jenis instrumen yang digunakan: kuesioner, interview dan dokumen studi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa materi yang diperlukan oleh Pramuwisata di Bali berkaitan dengan delapan topik: 1) Salam dan Perkenalan, 2) Memberikan Saran kepada Tamu, 3) Berbicara tentang Rute Perjalanan, 4) Memberikan Petunjuk Arah dengan Benar, 5) Mendeskripsikan Tempat-tempat di Bali, 6) Mengekspresikan Perbandingan, 7) Menceritakan Sejarah Pura-pura , 8) Mendeskripsikan karakter atau patung di monumen. Masing-masing topik terdiri dari beberapa elemen umum: Front Page, Lead-in, Snapshot, Dialogue, Language Focus, Role Play, Word Power, Pronunciation Drill, Listening Activity, Writing Activity, dan Reading Activity. Hasil kuantitatif data analisis menunjukan nilai rata-rata dari pertimbangan para ahli adalah 4,81 dan nilai rata-rata dari uji coba di lapangan adalah 4,52. Berdasarkan kategori yang menggunakan ideal mean (Mi) dan ideal standard deviation (Sdi), 50 pernyataan tentang materi yang dikembangkan tergolong kategori “Sangat Baik Sekali”. Sehingga ini bisa disimpulkan bahwa materi yang dikembangkan untuk Pramuwisata di Bali sudah pantas dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
Kata Kunci : Pengembangan Materi; Bahasa Inggris untuk Tujuan Spesifik; Pramuwisata.

This study aimed at 1) developing English instructional materials for tour guides in Bali, 2) discussing how these instructional materials are developed, and 3) discussing how the quality of the developed materials is. The steps of this study were adapted from Borg and Gall (1983) which consisted of conducting need analysis, writing the course grid, designing the first draft, expert judgments, implementing the second draft, evaluating and revising the second draft, writing the final draft of the materials. There were three kinds of instruments applied: questionnaires, interview, and document study. The results of this study show the materials needed by the tour guides in Bali were related to eight topics: 1) greeting and introduction, 2) giving suggestions to the guests, 3) telling the itinerary, 4) giving well direction, 5) describing places in Bali, 6) expressing comparison, 7) telling the history of some temples, and 8) describing characters/relief in the monument. Each topic contained some general elements: front page, lead-in, snapshot, dialogue, language focus, role play, word power, pronunciation drill, listening activity, writing activity, and reading activity. The quantitative data analysis result the mean score of expert judgments is 4.81 and the mean score of try-out is 4.52. Based on the categorization using an ideal mean (Mi) and ideal standard deviation (Sdi), the 50 statements about the materials belong to “Excellent” category. This study concludes that the designed instructional materials for tour guides in Bali have been considered suitable and appropriate with their needs.
keyword : Material Development; English for specific purpose; tour guides



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i1.1991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.