THE STUDY OF THE TEACHING ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES AT BIOLOGY DEPARTMENT OF GANESHA UNIVERISTY OF EDUCATION SINGARAJA: A NEED ANALYSIS

MADE ARYAWAN ADIJAYA ., PROF. DR. I NENGAH MARTHA, M.Pd ., DR. LUH PUTU ARTINI, M.A. .

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk 1) menjelaskan tentang kebutuhan mahasiswa jurusan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha akan pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus. 2) menjelaskan persepsi dosen pengajar bahasa Inggris tentang pengajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus. 3) menjelaskan kesenjangan yang ada antara kebutuhan yang ideal dengan keadaan sebenarnya yang dialami siswa dalam pengajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus. Semua mahasiswa jurusan Biologi Univeristas Pendidikan Ganesha yang berjumlah 154 menjadi subjek dalam penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah silabus pengajaran Bahasa Inggris pada jurusan Biologi serta buku pedoman studi Universitas Pendidikan ganesha. Data utama diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa dan dosen pengajar bahasa Inggris, sedangkan data pendukung diperoleh dari wawancara dan studi beberapa dokumen pengajaran. Data yang terkumpul dianalisa secara descriptive dengan menerapkan model interaktive dari Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan mahasiswa akan aktivitas di kelas lebih ditekankan pada keahlian membaca dan menullis, baik dengan materi yang asli dan ilmiah dan dengan cara dikerjakan berpasangan dan kelompok. Dosen pengajar bahasa Inggris berpandangan bahwa semua keahlian berbahasa itu sama pentingnya untuk diajarkan baik melalui aktivitas perorangan, berpasangan atau kelompok. Berhubungan dengan kesenjangan yang ada, antara mahasiswa dan dosen memiliki pandangan yang berbeda tentang lama waktu yang dibutuhkan untuk mengambil mata kuliah bahasa Inggris untuk tujuan khusus ini, keahlian yang ditekankan dalam aktivitas pengajaran, materi dan jenis aktivitas yang diterapkan dalam perkuliahan, serta jenis evaluasi yang diperlukan.
Kata Kunci : pengajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus, analisis kebutuhan

This study is a descriptive qualitative research which aimed at 1) describing the students’ need about learning ESP at Biology Department of Ganesha Univeristy, 2) describing the lecturers’ perception towards teaching ESP at Biology Department of Ganesha Univeristy, 3) describing the discrepancies between the ideal needs and the actual coverage that the students have had in ESP class. The subjects of the study were all the 154 students of Biology Department of Ganesha University, and 2 lecturers who teach English at Biology Department of Genesha Univerisy. The objects of the study were teaching syllabus and guidelines study book of the university. The collected data were then descriptively analysed by using interactive model by Miles and Huberman (1994). The primary data were collected by using questionnaires, while the secondary data were gained from interview and documents study. The research found out that the main emphasis on the students’ needs of the activities are on reading and writing skills, for both scientific and authentic materials, peer and group activities. It was also found out that the lectures perceive all the language skills were important to be taught through individual, pair, and group works. In relation to the discrepancies, the students and the lecturers had different opinion about length of the study needed for studying ESP, skills being emphasized in the ESP program, the materials and activities implemented in the classroom interaction, and the types of evaluation required.
keyword : Teaching English for specific purposes, need analysis



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i1.2037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.