COMPARING THE EFFECTS OF FOCUSED FREE WRITING AND UNFOCUSED FREE WRITING ON WRITING COMPETENCY OF THE THIRD SEMESTER STUDENTS OF MAHASARASWATI UNIVERSITY BASED ON TEXT TYPES.

COKORDA ISTRI ITA ARIATI ., DR. NI MADE RATMININGSIH, M.A. ., DRS. I WAYAN SUARNAJAYA, M.A., P.hD .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui perbedaan signifikansi antara pengaruh menulis bebas terfokus dan menulis bebas tidak terfokus terhadap kemampuan menulis siswa; 2) mengetahui perbedaan signifikansi dalam pengaruh menulis bebas terfokus pada kemampuan menulis siswa berdasarkan jenis-jenis teks; 3) mengetahui perbedaan signifikansi dalam pengaruh menulis bebas tidak terfokus pada kemampuan menulis siswa berdasarkan jenis-jenis teks. Penelitian ini adalah penelitian experimental yang menggunakan rancangan penelitian post-test only static groups comparison design. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga di Program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Mahasaraswati pada tahun ajaran 2015/2016 yang mana dipilih 2 kelompok siswa sebagai sampel secara acak. Data penelitian dikumpulkan dengan mengunakan penilaian kemampuan menulis yang terdiri dari dua jenis teks yang sesuai dengan jenis teks yang diteliti antara lain: deskriptif dan naratif. Hasil dari penilaian kemampuan menulis ini akan dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan SPSS versi 20.0. Hasil menunjukkan bahwa Fob adalah 44.289 dan lebih tinggi dari Ft yang nilainya hanya 4.40. Penemuan ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara pengaruh menulis bebas terfokus dan menulis bebas terhadap kemampuan menulis siswa dan nilai rata-rata dari menulis bebas terfokus lebih tinggi dari nilai rata-rata menulis bebas tidak terfokus. Hasil dari penemuan yang kedua menunjukkan bahwa tidak ditemukannya perbedaan yang signifikan dari menulis bebas terfokus dengan terhadap kemampuan menulis siswa diantara jenis teks yang berbeda; hasil dari ANOVA satu jalur menunjukkan bahwa Fob 1.802 dan nilai ini lebih rendah dari nilai Ft yaitu 4.40. Hasil penemuan yang ANOVA satu jalur yang ketiga menunjukkan bahwa Fob 7.180 hasil ini menunjukkan nilai yang lebih besar dari Ft, ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara pengaruh menulis bebas tidak terfokus terhadap kemampuan menulis siswa diantara jenis teks yang berbeda.

Kata Kunci : menulis bebas terfokus, menulis bebas tidak terfokus, kemampuan menulis, jenis teks.

This study focused on: 1) investigating the significant difference between the effect of focused free writing and unfocused free writing on students’ writing competency; 2) investigating the significant difference in the effect of focused free writing on the students’ writing competency across text types; and 3) investigating the significant difference in the effect of unfocused free writing on the students’ writing competency across text types. It was an experimental research in which using post-test only static groups comparison design. Population of the study was the third semester students of English Education Program at Mahasaraswati University in academic year 2015/2016.The two classes were chosen as the sample through Group Random Sampling. The research data were collected through writing test which consisted of two kinds of post-test based on text types namely; descriptive and narrative. The result of the writing test of each group was analyzed descriptively and inferentially by using SPSS 20.0. It was found that Fob was 44.289 which was higher than Ft which was 4.40. This finding shows that there was a significant difference between the effect of focused free writing and unfocused free writing on the students’ writing competency. The mean score of focused free writing was higher than the mean score of unfocused free writing. The second finding is there was no significant difference in the effect of focused free writing on students’ writing competency across text types; the result of the One-Way ANOVA analysis found that Fob was 1.802 which was lower that Ft 4.40. The third result of the One-Way ANOVA analysis found that Fob was 7.180 in which the result was higher that Ft 4.40, it shows there was significant difference of the effect of unfocused free writing on the students’ writing competency across text types.

keyword : focused free writing, unfocused free writing, writing competency, text types



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i1.2117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.