DEVELOPING ENGLISH COURSE MATERIALS FOR PARAMEDICS

I PUTU AGUS ENDRA SUSANTA ., PROF. DR. PUTU KERTI NITIASIH, M.A. ., DR. I GEDE BUDASI, M.Ed.DIP APPLIN .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan menilai kualitas dari materi kursus Bahasa Inggris untuk Paramedis (Perawat dan Bidan). Desain dari penelitian ini adalah R&D dimana tujuan dari penelitian ini adalah menemukan, mengembangkan dan menilai kualitas dari materi kursus Bahasa Inggris. Desain dan pengembangan ini dielaborasi berdasarkan model Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah paramedis. Adapun objek dari penelitian ini adalah materi kursus Bahasa Inggris. Prosedur dari pengembangan produk dalam penelitian ini adalah (1) otensi dan permasalahan, (2) pengumpulan data, (3) design produk, (4) validasi design, (5) revisi design, (6) penilaian produk, (7) revisi produk dan (8) produk prototype. Sebagai hasil temuan pada studi ini, terdapat 11 unit pada produk, yaitu: Terdapat 11 topik dalam produk yang dikembangkan, yaitu: (1) Menjalin Hubungan, (2) Nomor, (3) Menayakan dan menunjukan ruangan di rumah sakit, (4) Bagian tubuh manusia dan masalah kesehatan, (5) Gejala, (6) Diagnosis masalah kesehatan dan membagi observasi, (7) Penilaian umum dan penilaian oleh pasien, (8) Memeriksa tanda vital dan Instruksi pemberhentian, (9) Pemberian Obat, (10) Perawatan Bayi and (11) Alat-alat Medis. Data dari materi yang dikembangkan diambil dari interview awal, analisis dokumen, kuesioner analisa kebutuhan dan hasil dari penilaian ahli. Penelitian ini ditutup dengan penilaian kualitas dari materi yang dikembangkan dianggap sangat tinggi. Terlebih lagi, disarankan bahwa beberapa illustrasi harus diperbaiki sehingga materi yang dikembangkan dapat digunakan oleh paramedis.
Kata Kunci : Materi Kursus Bahasa Inggris dan Paramedis

This study aimed at finding out, developing and investigating the quality of English course materials which will be used for Paramedics (Nurses and Midwives). Since the aim of the study was finding out, developing and investigating the quality of English course materials, the design of this study was Research and Development Design (R&D) elaborated from Sugiyono model. The subjects of the study were paramedics. Meanwhile, the object of the study was the design of English course materials. The procedures of developing product were (1) Potential and Problem, (2) Data Collection, (3) Product Design, (4) Design Validation, (5) Design Revision, (6) Product Testing, (7) Product Revision and (8) Product Prototype. The findings of this study, there are 11 units in the product, which include: (1) Establish a Relationship, (2) Numbers, (3) Ask and Show Room in Hospital, (4) Parts of the Body and Health Problem, (5) Symptoms, (6) Diagnose Health Problems and Share Observation, (7) General Assessment and Patient Assessment, (8) Check Vital Sign and Discharge Instruction, (9) Medication Administration, (10) Baby Nursery and (11) Medical Instruments. The data of developed materials were gathered from prior interview, document analysis, need analysis questionnaire and expert judgment scoring rubrics’ result. This study conclude that the quality of developed materials could be categorized as a very high. Moreover, it suggested that some illustrations should be modified so that the developed materials more suitable for being used by paramedics.
keyword : English Course Material and Paramedics



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i1.2159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.