The Effect of Scientific Approach Combined with Scaffolding Technique on The Eleventh Graders’ Writing Competency Controlled with Text Types At SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi

MOH. ADZKIYAUNUHA ., PROF. DR. DEWA KOMANG TANTRA, M.Sc. ., PROF. DR. NI NYOMAN PADMADEWI, M.A. .

Abstract


Penelitian ini berfokus pada 1). Ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan ilmiah yang dikombinasikan dengan teknik scaffolding pada kompetensi menulis siswa di SMAN 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. 2). Ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan ilmiah yang dikombinasikan dengan teknik scaffolding pada penulisan kompetensi siswa berdasarkan teks naratif di SMAN 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. 3). Ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan ilmiah yang dikombinasikan dengan teknik scaffolding pada kompetensi menulis siswa berdasarkan laporan teks di SMAN 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. 4). Ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan ilmiah yang dikombinasikan dengan teknik scaffolding pada penulisan kompetensi siswa berdasarkan teks eksposisi analitis di SMAN 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan post test only control group dengan pengaturan 2x2 faktorial yang melibatkan satu dari 70 siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik one way ANOVA.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Teknik Scaffolding, Kompetensi Menulis, Tipe Teks

The problems were focused on the following, they are: 1). There is any significant effect of scientific approach combined with scaffolding technique on students’ writing competency at SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi. 2). There is any significant effect of scientific approach combined with scaffolding technique on students’ writing competency based on narrative text at SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi. 3). There is any significant effect of scientific approach combined with scaffolding technique on students’ writing competency based on report text at SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi. 4). There is any significant effect of scientific approach combined with scaffolding technique on students’ writing competency based on analytical exposition text at SMAN 1 Glenmore District of Banyuwangi. This study was an experimental study using a post test only control group with 2x2 factorial arrangement which involved a single of 70 students. The data were collected through test and then analyzed by using statistical one way ANOVA
keyword : Scientific Approach, Scaffolding Technique, Writing Competency, Text Types



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i1.2196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.