DISCREPANCY ANALYSIS OF AUTHENTIC ASSESSMENT IMPLEMENTATION IN EFL CLASSROOM BASED ON CURRICULUM 2013 OF SMAN 6 DENPASAR IN DENPASAR SELATAN DISTRICT

NI PUTU DIAH LAKSMI LESTARI ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A. ., DR. NI MADE RATMININGSIH, M.A. .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah a) untuk memengetahui sejauhmana kesenjangan pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Inggris menurut Kurikulum 2013 di Kecamatan Denpasar Selatan yang berfokus pada empat jenis penilaian autentik: penilaian diri, unjuk kerja, projek dan portofolio yang di tinjau dari asesmen perencanaan, pelaksanaan dan analisa serta pelaporan. b) untuk mengetahui persepsi guru dalam pelaksanaan penilaian autentik menurut Kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan menggunakan model kesenjangan (Discrepancy Evaluation Model) dengan membandingkan kondisi standar dalam pelaksanaan penilaian autentik menurut Kurikulum 2013 dengan kondisi real tentang pelaksanaan penilaian otentik di SMAN 6 Denpasar oleh guru bahasa Inggris. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas sepuluh, sebelas and dua belas. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumen, kuesioner, dan wawancara yang dianalisa secara descriptif dengan menggunakan Pedoman Acuan Ideal Teoritis (PAIT). Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat kesenjangan antara rancangan penilaian autentik menurut kurikulum 2013 dan praktek yang dilaksanakan dalam pembelajaran bahasa Inggris; 2) guru memiliki positive belief terhadap implementasi penilaian autentik didalam pembelajaran bahasa Inggris.
Kata Kunci : Kata Kunci: kesenjangan, kurikulum 2013, penilaian autentik

The aim of this study was: a) to investigate the discrepancy of authentic assessment implementation in EFL Classroom based on Curriculum 2013 in Denpasar Selatan District which focused on four types of authentic assessment namely, self assessment, performance, project and portfolio that conducted in three stages, such as: planning, executing and analysis and reporting; b) to analyze the teacher’s belief toward authentic assessment based on Curriculum 2013. The research design used evaluation research method namely Discrepancy Evaluation Method by Provus that was used to compare the standard of authentic assessment implementation based on Curriculum 2013 and the real implementation of authentic assessment in SMAN 6 Denpasar by teachers. The subjects were English teachers who teach in grade tenth, eleventh and twelfth. The data were collected through observation sheet, document study, questionnaires and interview which were analyzed by using descriptive statistics analysis namely Ideal Theoretical References. The result showed that 1) there is a discrepancy occurred between the ideal of authentic assessment implementation based on Curriculum 2013 and the practice in EFL classroom of SMAN 6 Denpasar; 2) The EFL teachers have positive beliefs toward authentic assessment implementation in EFL classroom.
keyword : Keywords: authentic assessment, curriculum 2013, discrepancy



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i1.2229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.