THE STRATEGIES USED BY BALINESE PARENTS IN MAINTAINING THEIR HERITAGE LANGUAGE: MULTICASES STUDIES OF BALINESE PARENTS IN BULELENG SUBDISTRICT

NI PUTU DIAN UTAMI DEWI ., PROF. DR. I KETUT SEKEN, M.A. ., PROF. DR. I NYM. ADI JAYA PUTRA, M.A. .

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan oleh orang tua Bali dalam pemertahanan Bahasa Bali di Singaraja. Mengingat jumlah anak anak yang berbahasa Bali menurun drastis, seperti telah ditemukan dalam penelitian awal bahwa anak anak Bali yang berbahasa Bali di Singaraja hanya kurang dari 50%. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap, strategi dan kesulitan yang dihadapi oleh orang tua dalam pemertahanan Bahasanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif (design multi kasus). Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 keluarga dengan latar belakang pendidikan yang bervariasi. Data dianalisis menggunakan teori sikap orang tua (Guardado, 2002), strategi orang tua (Hinton, 1999), dan teori strategi disiplin orang tua (Plotnik, R & Kouyoumdjian, 2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua orang tua menunjukkan sikap positif terhadap Bahasa Bali. Ketika mereka menerapkan strategi oleh Hinton, maka setiap keluarga menghadapi kesulitan yang bervariasi dalam pemertahanan Bahasa Bali.

Kata Kunci : Strategi orang tua, sikap orang tua, dan bahasa warisan.

This study was conducted to investigate the strategies used by Balinese Parents in maintaining Balinese language in Singaraja. Since the number of children who speak Balinese decreased significantly, as founded in the pre-research that only less than 50% of Balinese children used Balinese in Singaraja. Therefore, this study aimed at finding out the attitudes, strategies and difficulties that the Balinese parents encounter toward heritage language maintenance. This study used a descriptive qualitative approach (multicases design). Observation and interview were the methods of data collection. The subjects were 3 families with various educational background. The data were analyzed using parental attitudes theory (Guardado, 2002), parents strategies theory (Hinton, 1999), and parent’s disciplining strategies theory (Plotnik, R & Kouyoumdjian, 2010). The result indicated that all the parents showed positive attitude toward Balinese language. As they implemented the strategies proposed by Hinton, then each family faced various difficulties in maintaining Balinese.

keyword : Parents’ strategies, parents’ attitude, heritage language.



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v5i1.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.