A STUDY ON THE STRATEGIES USED BY THE TEACHERS IN TEACHING ENGLISH BASED ON THE PROCESS STANDARD OF CURRICULUM 2013 AT SMA NEGERI 1 SINGARAJA

MEDIATRIX SEPTIM KEBOL ., PROF. DR. I KETUT SEKEN, M.A. ., DR. LUH PUTU ARTINI, M.A. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan berikut: (1) untuk menjelaskan strategi mengajar guru bahasa Inggris berdasarkan standar proses kurikulum 2013, (2) untuk menjelaskan motif yang menjadi alasan guru bahasa Inggris menggunakan strategi mengajar sesuai dengan standar proses kurikulum 2013, (3) dan untuk menjelaskan persepsi siswa mengenai strategi mengajar yang digunakan guru bahasa Inggris sesuai dengan standar proses kurikulum 2013 di SMA NEGERI 1 Singaraja. Penelitian ini dirancang dalam sebuah penelitian desriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru bahasa Inggris di SMA NEGERI 1 Singaraja menggunakan lima strategi mengajar yang disesuaikan dengan proses standar kurikulum 2013, yakni: Direct Instruction, Discussion, Group Work, Cooperative Learning, dan Performance Activities. Motif- motif menggunakan strategi-strategi tersebut karena strategi-strategi tersebut terkait dengan (1) tujuan pembelajaran, (2) tingkatan siswa, dan (3) topik atau materi pembelajaran yang akan diajarkan pada siswa, yang masing-masing terkait dengan upaya untuk meningkatkan belajar siswa. Dan yang terakhir, ada beberapa strategi-strategi yang disukai oleh siswa, yakni Group Work, Performance Activities, and Discussion. Kira-kira 62.5% siswa yang diajarkan oleh T1 and 71.42% siswa yang diajarkan oleh T2 menyatakan bahwa mereka menyukai strategi-strategi tersebut. Sebagai tambahan, ada salah satu strategi mengajar yang tidak disukai siswa yakni Direct Instruction dan ini sekitar 40.62% siswa yang diajarkan oleh T1 dan 64.27% siswa yang diajarkan oleh T2 tidak menyukai strategi mengajar guru tersebut.
Kata Kunci : strategi mengajar, kurikulum, standar proses

This study was carried out to achieve the following objectives: (1) to explain English teachers’ teaching strategies based on the process standard of Curriculum 2013, (2) to explain the motives as the reasons of the teacher to use teaching strategies based on the process standard of Curriculum 2013, (3) to explain the students’ perceptions about the strategies used by the teachers in teaching English based on the process standard of Curriculum 2013 in SMA NEGERI I Singaraja. This study was designed as a qualitative study. The data collection was done through observation, questionnaire, and interview. The result showed that English teachers in SMA NEGERI 1 Singaraja used five teaching strategies based on the standard process of Curriculum 2013, namely: Direct Instruction, Discussion, Group Work, Cooperative Learning, and Performance Activities. The motives for using the strategies because these strategies were related to (1) learning goals, (2) level of the students, and (3) topic or learning material would be taught, each of which was related to an attempt to enhance the students learning. And finally, there were some strategies preferred by the students, namely: Group Work, Performance Activities and Discussion. About 62.5% of students taught by T1 and 71.42% of the students taught by T2 assert that they preferred the strategies. In addition, there was one teaching strategy that was not preferred by the students, namely Direct Instruction and it was about 40.62% of students taught by T1 and 64.27% of students taught by T2 did not prefer these teacher’s teaching strategy.
keyword : Teaching strategy,curriculum, Process standard



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v5i1.2273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.