The Effect of Background Music and Gender Differences on Students’ Reading Comprehension in Grade Eight SMP Negeri 4 Denpasar in the Academic Year 2013/2014

IGB Rama Sujaya, Putu Kerti Nitiasih, Ni Made Ratminingsih

Abstract


Abstrak

 

Rendahnya kemampuan memahami bacaan oleh siswa SMP menjadi dasar dari penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk menginvestigasi efek dari musik latar pada kemampuan memahami isi bacaan oleh siswa SMP. Selain itu, perbedaan jender siswa juga digunakan sebagai variabel moderator. Populasi penelitian tersebar pada sepuluh kelas dan melalui teknik sampel acak, di dapat dua kelas yang kemudian di kelompokkan menjadi grup eksperimen dan grup kontrol. Secara kesuluruhan, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 80 sampel. Untuk memeperoleh data penelitian, digunakan skor dari postes yang kemudian di olah dengan dua metode statistik yaitu statistik deskriptif dan inferensial. Di akhir investigasi, ditemukan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan memahami bacaan anatara siswa yang diajar dengan mengunakan perlakuan musik latar dengan siswa yang diajar tanpa musik latar (2) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan memahami bacaan antara siswa perempuan dengan siswa laki – laki. (3) terdapat interaksi antara perlakuan musik latar dan teknik konvensional dan juga jender pada kemampuan membaca siswa SMP, (4) terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa perempuan yang diberi perlakuan musik latar dengan siswa perempuan yang tidak diberi perlakuan musik latar, dan (5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa laki – laki yang diberi perlakuan musik latar dengan siswa laki – laki yang tidak diberi perlakuan dengan musik latar.

 

Kata Kunci: Musik latar, jender, pemahaman membaca, teknik mengajar konvensional.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i0.648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.