THE EFFECT OF PEER-ASSESSMENT AND ANXIETY ON WRITING COMPETENCY OF GRADE X STUDENTS OF SMA NEGERI 5 DENPASAR

I GEDE WAYAN SUPARNA ., Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA ., Prof. Dr.I Nyoman Adi Jaya Putra, MA .

Abstract


ABSTRAK
Suparna, I Gede Wayan (2013), Pengaruh “Peer Asessment” dan Kecemasan terhadap Kompetensi Menulis pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar, Thesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Tesis ini sudah disetujui and diperikasa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi, MA, and Pembimbing II: Prof. Dr. I Nyoman Adi Jaya Putra, MA
Kata kunci: kecemasan, asesmen rekan sebaya, kompetensi menulis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan asesmen rekan sebaya terhadap kompetensi menulis siswa; ada hubungan pengaruh yang signifikan antara penerapan asesmen rekan sebaya dengan kecemasan siswa terhadap kompetensi menulis siswa; ada perbedaan pengaruh yang signifikan dalam kompetensi menulis siswa antara siswa yang memiliki kecemasan tinggi yang dinilai dengan menggunakan asesmen rekan sebaya dan siswa yang dinilai dengan menggunakan asesmen konvensional; ada perbedaan pengaruh yang signifikan dalam kompetensi menulis siswa antara siswa yang memiliki kecemasan rendah yang dinilai dengan menggunakan asesmen rekansebaya dan siswa yang dinilai dengan menggunakan asesmen konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan factorial 2x2 yang mana satu kelompok mendapat perlakuan experimental tetapi kelompok lainnya tidak mendapat perlakuaan tersebut. Populasi berjumlah 10 kelas dengan total jumlah populasi 346 dari semua siswa di kelas X SMA Negeri 5 Denpasar. Total jumlah sampel berjumlah 80 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok experimental dan kelompok kontrol dengan menggunakan tekhnik Cluster Random Sampling. Dalam penelitian ini menggunakan data kwantitif dan data kwalitatif. Data kwantitatif dikumpulkan melalui kuesioner kecemasan dan tes menulis, yang dianalisis menggunakan uji statistik Anova Dua Jalur dan uji Tukey. Data kwalitatif dikumpulkan dalam anecdotal record melalui langkah observasi. Hasi lpenelitian menunjukkan bahwa, Pertama, ada perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan asesmen rekan sebaya terhadap kompetensi menulis siswa, di mana siswa yang dinilai dengan menggunakan asesmen rekan sebaya memiliki kompetensi menulis lebih tinggi dari pada mereka yang dinilai dengan menggunakan asesmen konventional. Kedua, ada hubungan pengaruh yang signifikan antara asesmen rekan sebaya dengan kecemasan terhadap kompetensi menulis siswa. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi menulis siswa yang memiliki tingkat kecemasan tinggi ketika dinilai dengan menggunakan asesmen rekan sebaya dan mereka yang dinilai dengan asesmen konvensional, dimana kompetensi menulis siswa yang dinilai dengan model asesmen rekan sebaya memiliki kompetensi lebih rendah dari pada siswa yang dinilai dengan model asesmen konvensional. Keempat, terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi menulis siswa yang memiliki tingkat kecemasaan rendah ketika dinilai dengan menggunakan asesmen rekan sebaya dan mereka yang dinilai dengan asesmen konventional, dimana kompetensi menulis siswa yang dinilai dengan model asesmen rekan sebaya memiliki kompetensi menulis lebih tinggi daripada siswa yang dinilai dengan model asesmen konvensional.

Kata Kunci : kecemasan, asesmen rekan sebaya, kompetensi menulis.

ABSTRACT
Suparna, I Gede Wayan (2013), The Effect of Peer Assessment and Anxiety on Writing Competency of Grade X Students of SMA Negeri 5 Denpasar. Thesis, English, Postgraduate Program , Ganesha Universty of Education.
This thesis has been approved and corrected by supervisor I: Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi, M.A., and Supervisor II: Prof. Dr. I Nyoman Adi Jaya Putra, M.A.
Keywords: anxiety, peer-assessment, writing competency.
The aim of this study was to prove whether there was any significant difference effect of peer-assessment on the writing competency; there was any significant effect of the interaction between peer-assessment and anxiety on the writing competency; there was any significant difference on the writing competency of high anxiety students who were assessed by using peer-assessment and those who were assessed by using conventional assessment; there was any significant difference on the writing competency of low anxiety students who were assessed by using peer-assessment and those who were assessed by using conventional assessment. The study was experimental study by applying 2x2 factorial designs which one group received experimental treatment, whereas the other did not. The population was 10 classes which total number of population were 346 students of grade X of SMA Negeri 5 Denpasar. The total sample was 80 students which assigned into two groups i.e. experimental group and control group by using Cluster Random Sampling Technique. Quantitative and qualitative data were obtained in this study. The quantitative data was obtained through writing test and anxiety questionnaire which analyzed by using Statistical Two-Way Anova And Tukey test. The qualitative data was obtained through anecdotal record. The results showed that, first, there was any significant difference effect of peer-assessment on the writing competency, in which the students who were assessed by using peer-assessment had better writing competency than those who were assessed by using conventional assessment. Secondly, there was any significant effect of the interaction between peer- assessment and anxiety on the writing competency. Third, there was any significant different on writing competency between high anxiety students who were assessed by using peer-assessment and those who were assessed by using conventional assessment, in which high anxiety students who were assessed by using peer-assessment had lower writing competency than those were assessed by using conventional assessment. Fourth, there was any significant difference on writing competency between low anxiety students who were assessed by using peer-assessment and those who were assessed by using conventional assessment, in which low anxiety students who were assessed by using peer-assessment had better writing competency than those who were assessed by using conventional assessment.

keyword : anxiety, peer-assessment, writing competency

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i0.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.