PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCENTRATED LANGUAGE ENCOUNTER (CLE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 AMLAPURA

NI MADE DEWI RADESI ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concentrated Language Encounter (CLE) terhadap kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris ditinjau dari motivasi berprestasi siswa. Studi eksperimen ini menggunakan rancangan penelitian posttest-only control group design dengan faktorial 2x2. Populasi penelitian berjumlah 180 siswa kelas XI di SMAN 2 Amlapura tahun ajaran 2013/2014 dimana 80 siswa dipilih sebagai sampel dengan Simple Random Sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner motivasi berprestasi serta tes kemampuan membaca pemahaman dan dianalisis menggunakan Anava dua jalur yang dilanjutkan dengan tes Tukey. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) siswa yang mengikuti pengajaran CLE meraih kemampuan membaca pemahaman yang lebih baik daripada siswa yang mengikuti pengajaran konvensional; 2) terdapat interaksi antara model pengajaran CLE dan konvensional dengan motivasi berprestasi terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa; 3) siswa dengan motivasi berprestasi tinggi yang diajar dengan model CLE meraih kemampuan membaca pemahaman yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pengajaran konvensional; dan 4) siswa dengan motivasi berprestasi rendah yang diajar dengan pengajaran konvensional meraih kemampuan membaca pemahaman yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model CLE.
Kata Kunci : CLE, motivasi berprestasi, kemampuan membaca.

This study aimed at investigating whether the implementation of Concentrated Language Encounter (CLE) and achievement motivation gave significant effects to students’ reading comprehension. This study was an experimental study using posttest-only control group with 2x2 factorial design. The population was 180 eleventh grade students of SMAN 2 Amlapura academic year 2013/2014 wherein 80 students were chosen as sample through Simple Random Sampling. The data were collected through an achievement motivation questionnaire and a reading comprehension test and were analyzed by using Two-Way Anova and Tukey test. The findings are: 1) students treated by CLE obtained better reading comprehension than those who were treated by conventional teaching; 2) there was an interactional effect between teaching methods and achievement motivation upon students’ reading comprehension; 3) students with high achievement motivation obtained higher reading comprehension when they were treated by CLE than by conventional teaching; and 4) students with low achievement motivation attained higher reading comprehension when they were treated by conventional teaching than by CLE.
keyword : CLE, achievement motivation, reading comprehension.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.1006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.