PENGARUH IMPLEMENTASI METODE DEBAT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 AMLAPURA

I.A KETUT SRI WAHYUNI ., Prof. Dr. Nyoman Dantes ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA .

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi metode debat dan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional ditinjau dari minat siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan penelitian eksperimental di SMA N 2 Amlapura, dengan populasi siswa kelas XI IPA tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 180 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pos-test only control group design. Data penelitian adalah data tentang keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris diperoleh dari tes unjuk kerja speech ( berpidato) dan data tentang minat siswa diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat cocok digunakan baik pada siswa yang memiliki minat tinggi atapun rendah.
Kata Kunci : Debat, Keterampilan berpicara, minat belajar

The aim of this study was to determine the difference of English speaking skill between students who learned through implementation of English debating method and students who learned through conventional method viewed from learning interest. To achieve the aim an experimental study was held in SMA N 2 Amlapura with the population of the eleventh grade science program students academic year 2013/2014 of 180 students. The research was designed in post-test only control group. Data of the research was English speaking skill obtained from perpormance speech test and data of the learning interest obtained from quisioner. The result of the study showed that English debating method is suitable to be implemented toward students with high and low learning interest.
keyword : English debating method, English speaking skill, learning interest.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.1014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.