Pengaruh Metode Membaca Terhadap Hasil Belajar Memahami Wacana Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Kelas XI IPA SMA NEGERI 1 Penebel

GUSTI AYU SAMIASIH ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran membaca SQ3R, KWL terhadap hasil belajar memahami wacana ditinjau dari motivasi berprestasi Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Penebel, rancangan postest only control group design dengan faktorial 2X2, data dianalisis dengan menggunakan Anava Dua Jalur, selanjutnya dilakukan Uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar memahami wacana antara siswa yang mengikuti metode SQ3R dengan yang mengikuti metode KWL, rata-rata hitung hasil belajar memahami wacana siswa yang mengikuti SQ3R=32,16, dan yang mengikuti metode KWL=31,41 (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara penerapan metode dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kelas XI IPA SMA Negeri 1 Penebel, Fab hitung=14,66 > Fab tabel 3,92 (3) untuk siswa yang memiliki motivasi rendah, terdapat perbedaan hasil belajar memahami wacana antara siswa yang mengikuti metode SQ3R dengan yang mengikuti metode KWL Qhitung= 3,46 > Qtabel=2,86, hasil belajar memahami wacana siswa yang mengikuti metode SQ3R lebih baik daripada yang mengikuti metode KWL (4) untuk siswa yang memiliki motivasi tinggi,terdapat perbedaan hasil belajar memahami wacana antara siswa yang mengikuti metode SQ3R dengan yang mengikuti metode KWL Qhitung= 5 > Qtabel=2,86, hasil belajar memahami wacana siswa yang mengikuti metode SQ3R lebih baik daripada yang mengikuti metode KWL.

Kata Kunci : Metode membaca, Motivasi berprestasi, Hasil belajar memahami wacana

This study aimed to determine the effect of the method of learning to read SQ3R , KWL on learning outcomes in terms of understanding the discourse of achievement motivation of grade XI science program students in public high schools one penebel, test only control group design with a 2X2 factorial , the data were analyzed using Anava Two Paths , then performed Tukey test . The results showed that ( 1 ) there are differences in learning outcomes between students who understand the discourse following the SQ3R method with the following KWL method , arithmetic average student learning outcomes to understand the discourse that followed the SQ3R = 32.16 , and the following KWL method = 31 , 41 ( 2 ) there is a significant interaction effect between the application of methods and achievement motivation on learning outcomes of grade XI science program , Fab count = 14.66 > Fab table 3.92 ( 3 ) for students who have low motivation , there is a difference understand the discourse of learning outcomes between students who take the SQ3R method with the following KWL method Qhitung = 3.46 > = 2.86 Qtabel , student learning outcomes to understand the discourse that followed the SQ3R method is better than that following the KWL method ( 4 ) for students who have high motivation , there are differences in learning outcomes between students understand the discourse that followed the SQ3R method with the following KWL method Qcount = 5 > Qtabel = 2.86, student learning outcomes to understand the discourse that followed the SQ3R method is better than that following the KWL method .
keyword : reading method, achievement motivation, the result of understanding the text

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.