STUDI EVALUASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMA NEGERI 1 AMLAPURA DI KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Desak Md Sriastini

Abstract


ABSTRAK

Studi Evaluasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada SMA Negeri 1 Amlapura Kabupaten Karangasem, dengan menggunakan evaluasi model CIPP dari Stufflebeam, ditinjau dari segi Context, input, process, dan product.

Populasi penelitian adalah semua guru bahasa Indonesia berjumlah 7 orang dan semua siswa SMA Negeri 1 Amlapura Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 693 orang. Sampel penelitian berjumlah 239 responden yang terdiri dari guru bahasa Indonesia berjumlah 7 responden dan siswa  berjumlah 232 responden dengan teknik proporsional random sampling dan besarnya sampel mengacu pada tabel Isaac dan Michael. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner/angket, observasi dan studi dokumen. Untuk mengukur : minat siswa, motivasi berprestasi siswa,visi dan misi sekolah, kualitas guru, kurikulum, kemampuan guru dalam pembelajaran,proses pembelajaran dan sikap siswa digunakan kuesioner/angket. Untuk mengukur nilai ujian pemantapan nasional, nilai ujian nasional, nilai ujian sekolah,nilai ulangan umumm menggunakan studi dokumen. Observasi digunakan sebagai upaya triangulate. Data hasil penelitian dianalisis secara desriptif dengan membandingkan hasil analisis data dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan.

Hasil analisis data mnunjukan: (1) Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Amlapura ditinjau dari kualitas Context sudah baik, karena dari dimensi minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berkualifikasi tinggi, motivasi berprestasi berkualifikasi sangat tinggi, dan visi misi sekolah termasuk kategori cukup baik; (2)  Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Amlapura menunjukan bahwa, ditinjau dari kualitas Input sudah baik, karena dari dimensi kualitas guru, kurikulum, dan kemampuan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia termasuk kategori baik; (3) Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Amlapura Kabupaten Karangasem menunjukan bahwa, ditinjau dari kualitas Process sudah  baik, karena dari segi kualitas guru dan siswa dalam proes pembelajaran bahasa Indonesia yag meliputi: rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, keterampilan melaksanakan hubungan pribadi, persiapan guru dan evaluasi sudah baik; (4) Pembelajaran bahasa Indonesia pada SMA Negeri 1 Amlapura Kabupaten Karangasem menunjukan bahwa, ditinjau dari Product yang meliputi: nilai ujian pemantapan nasional, nilai ujian nasional, nilai ujian sekolah dan  nilai ulangan umum dan sikap siswa terdap mata peajaran bahasa Indonesia sudah baik. pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Amlapura jika dilihat dari variabel Context, Input, Proces, dan Product secara keseluruhan berkategori sangat baik terletak pada kuadran pertama skala Glickman.

Kata Kunci:    Studi Evaluasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Context, Input, Process, Product

ABSTRACT

This evaluative study aimed at finding out and describing the quality of the program of teaching Indonesian Language at SMA Negeri 1 Amlapura Karangasem Regency in term of Context, Input, Process and Product model from Stufflebeam.

The population and sample of this study were all Indonesian Language teachers. The total of the population were 693 with the total of the sample were 7 persons for the Indonesian teacher and 232 persons for the students with the total of the sample were 239 persons. The data were collected by questionaire with five of optional answer and the data collected by proporsional random sampling technique and the total of the sample following the Isaac dan Michael table.

The result of the data analisis showed: (1) The process of the teaching learning Indonesian language in SMA Negeri 1 Amlapura in Karangasem Regency in term of context was good, as shown by students’ interest in learning indonesian Language was on high qualifications. Motivation of being prestigeous  very high qualification and schol vission and missions were on good enough qualification. (2) The process of the teaching learning Indonesian language in SMA Negeri 1 Amlapura in Karangasem Regency in term of input was good due to the dimension of teacher’s quality, curriculum teacher’s ability in teaching learning process were good; (3) The process of the teaching learning Indonesian language in SMA Negeri 1 Amlapura in Karangasem Regency in term of input could be on good catagory because of  teachers quality was good. In term of process was  good in term of  the teacher’s plans teaching learning activity, interaction skill, teacher’s prepatration and evaluation done were good; (4) The process of the teaching learning Indonesian language in SMA Negeri 1 Amlapura in Karangasem Regency showed in term of product was good. It coul be shown from the student scores of national examination, student scores  of try out, student scores of last examination and student scores of last semester evaluation were good.

Key words: Evaluation, Context, Input, Process and Product.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i1.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.