PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIKTERHADAP SIKAP SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I DI DESA TAMANBALI

I KETUT GUNARASA ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd ., Prof. Dr. Nyoman Dantes .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaranResolusi Konflik terhadap sikap sosial dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus 1di Desa Tamanbali. Kelompok eksperimen berjumlah 32 orang dan kelompok kontrol berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan kuesioner .Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan analisis Anava dengan bantuan SPSS 10. Hasil penelitian menunjukan : (a).Terdapat pengaruh implementasi model pembelajaranResolusi Konflikterhadap sikap sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus 1di Desa Tamanbali. (b). Terdapat pengaruh implementasi model pembelajaranResolusi Konflik terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus 1di Desa Tamanbali (c). Secara simultan terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran Resolusi Konflik terhadap sikap social dan prestasi belajar IPS pada siswa V Sekolah Dasar Gugus 1di Desa Tamanbali. Selanjutnya disarankan pada guru untuk menerapkan model pembelajaran Resolusi Konflik pada setiap pembelajaran IPS.
Kata Kunci : Model pembelajaran Resolusi Konflik, Sikap Sosial, Prestasi Belajar IPS Siswa

This research aims at investigating the effect of the implementation of conflict resolution model on social attitude and social science learning achievement of fifth grade students of elementary school of Cluster I di Desa Tamanbali.There are 32 students in experimental group and 32 students in control group. This wasan experimental research in which the sample were gathered using randomsampling technique. The data collection method used is using test and questionnaire method, while the data were analyzed using Anava with the assistance of SPSS 10. The result of the research shows that: (a) there is an effect of the implementation of conflict resolution model on social attitude of fifth grade students of elementary school of ClusterI di Desa Tamanbali, (b) there is an effect of the implementation of conflict resolution model on social science learning achievement of fifth grade students of elementary school of ClusterI di Desa Tamanbali(c) simultaneously, there is an effect of the implementation of conflict resolution model on social attitude and social science learning achievement of fifth grade students of elementary school of ClusterI di Desa Tamanbali
keyword : conflict resolution model, social attitude, and social science learning achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.