EFEKTIVITAS PENGELOLAAN LABORATORIUM DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMK PGRI 4 DENPASAR

G.A.A. Pradnya Wati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan pada siswa, guru, dan laboran di program Jasa Boga, Akomodasi Perhotelah, dan Multimedia SMK PGRI Denpasar. dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang daya dukung kegiatan praktikum, sistem organisasi manajemen laboratorium, intensitas dan efektifitas pemanfaatan fasilitas laboratorium Jasa Boga, Akomodasi Perhotelah, dan Multimedia dalam proses pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara, angket, pencatatan dokumen dan observasi. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif dan penyimpulannya didasarkan atas persentase dan dideskripsikan secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) daya dukung fasilitas laboratorium untuk kepentingan pelaksanaan pembelajaran, secara umum baik; (2) struktur organisasi manajemen laboratorium dikualifikasi baik bila ditinjau dari sisi garis komando maupun garis koordinasi, baik dalam perencanaan pelaksanaan fungsi laboratorium maupun dalam pelaporan; (3) intensitas pemanfaatan fasilitas laboratorium Jasa Boga, Akomodasi Perhotelah, dan Multimedia oleh guru maupun siswa berada dalam kategori baik dalam penggunaan peralatan laboratorium dalam setiap kali praktikum; (4) efektivitas penggunaan peralatan laboratorium sangat baik; dan (5) hambatan-hambatan yang dialami oleh guru maupun siswa antara lain kurangnya fasilitas peralatan laboratorium,  alat banyak yang rusak,  kurangnya tenaga laboratorium,  waktu tidak cukup, siswa per kelas banyak, dan siswa tidak bisa mengunakan alat.

Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan kepada pihak institusi dalam ha1 ini SMK PGRI 4 Denpasar kiranya dapat memprioritas pengadaan ruangan, peralatan sesuai dengan standar kebutuhan minimal.

 

Kata kunci: Efektivitas, Pengelolaan Laboratorium, Pelaksanaan Pembelajaran

 

ABSTRACT

 

This research is descriptive research which doing on student, teacher, and laboratory assistant in restaurant program, hotel accommodation, and multimedia at SMK PGRI 4 Denpasar with goal for description and analyze about capacity of practicum activities, laboratory management system, intensity and effectiveness the use of facilities restaurant laboratory, hotel accommodation, and multimedia in learning process. The data acquiring by interview, questionnaire, note the document and observation. Then data analyze by descriptive and the conclusion is based on percentage and descriptive by qualitative.

The result of this research shows that: (1) capacity laboratory facilities for learning activities, in general is good; (2) the structure of laboratory management with good qualification if see from line of commando or coordination, in order the planning of the use laboratory function or in a report; (3) the intensity the use of restaurant laboratories facility, hotel accommodation, and multimedia by teacher and student with good category in the use of laboratory equipment in every practice, (4) the effectiveness using of laboratory equipment is very good; and (5) the obstacle with faced by the teacher and student such as less of laboratory equipment facilities, many of break equipment, less of laboratory assistant, the limitation of time, the number of student, and student cannot use the equipment.

Based on research finding, the suggestion for institution in order SMK PGRI 4 Denpasar, approximately can make the priority provisioning of the classroom equipment based on the minimum standard needs.

 

Keywords: Effectiveness, laboratory management, learning activities




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i1.119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.