DETERMINASI SIKAP PROFESSIONAL, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PERSEPSI PADA KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMITMEN KERJA GURU SD SE-GUGUS IV KECAMATAN BANJAR

I MADE SINARTA ., Prof. Dr. Nyoman Dantes ., Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu, M.Pd. .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki determinasi sikap professional, kompetensi pedagogik dan persepsi pada kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen kerja guru se-gugus IV kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Penelitian ini melibatkan tiga variabel bebas yaitu sikap professional, kompetensi pedagogik, persepsi pada kualitas kepemimpinan kepala sekolah, sementara variabel terikat yang digunakan adalah komitmen kerja guru. Desain penelitian adalah penelitian korelasi untuk mengetahui korelasi antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini melibatkan 50 orang guru se-gugus IV kecamatan Banjar. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi ganda dan parsial. Hasil analisis menunjukkan bahwa determinasi yang signifikan antara sikap profesional dengan komitmen kerja sebesar 14,62%, determinasi yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan komitmen kerja sebesar 28,96%, determinasi yang signifikan antara persepsi pada kualitas kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen kerja sebesar 29,21%, serta determinasi yang signifikan secara bersama-sama antara sikap profesional, kompetensi pedagogik dan persepsi pada kualitas kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen kerja sebesar 72,8%. Hal ini membuktikan bahwa sikap professional, kompetensi pedagogik dan persepsi pada kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhdap komitmen kerja guru memiliki determinasi yang positif pada SD se-gugus IV kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng.
Kata Kunci : Sikap Profesional, Kompetensi Pedagogik, Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Kerja

The purpose of this study was to investigate the attitude determination of professional , pedagogical and perceptions on the quality of school leadership on teachers' commitment to work as group IV districts of Banjar , Buleleng regency . The study involved three independent variables , namely the attitude of professional , pedagogical, perceptions on the quality of school leadership , while the dependent variable used is the commitment of teachers' work . The study design was a correlation study to determine the correlation between the independent variables on the dependent variable . The study involved 50 teachers from all districts of Banjar IV group . The analysis is used to test the hypothesis of multiple regression and partial . The analysis showed that a significant determination among professional attitude to work commitments amounting to 14.62 % , a significant determination between the pedagogical work commitments amounting to 28.96 % , a significant determination between the perception of the quality of school leadership with a commitment to work at 29 , 21 % , and significant determination jointly between professional attitudes , and perceptions of the pedagogical quality of school leadership with a work commitment of 72.8 % . This proves that the attitude of professional , pedagogical and perceptions on the quality of school leadership terhdap work commitment of teachers have a positive determination in Elemntary School as Banjar group IV subdistrict , Buleleng regency .
keyword : Professional Attitude, Pedagogic Competence, Quality Principal Leadership, Work Commitment

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.