KONTRIBUSI KINERJA GURU, SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA, TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 DENPASAR (Studi Kasus pada Program Keahlian Tata Boga)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi kinerja guru, sarana prasarana pembelajaran, dan kesehatan dan keselamatan kerja terhadap kepuasan belajar siswa kelas XII bidang keahlian Tata Boga SMKN 3 Denpasar secara terpisah maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII bidang keahlian Tata Boga SMKN 3 Denpasar yang berjumlah 175 orang. Karena jumlah populasi tidak begitu banyak, semuanya dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan regresi ganda, korelasi parsial dan analisis determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kinerja guru, sarana prasarana pembelajaran, dan kesehatan dan keselamatan kerja memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kepuasan belajar siswa kelas XII bidang keahlian Tata Boga SMKN 3 Denpasar secara terpisah maupun simultan.
Kata kunci: kepuasan belajar siswa, kinerja guru, sarana prasarana pembelajaran, kesehatan dan keselamatan kerja.
ABSTRACT
This study aimed at finding out out the extent of contributions teachers’ performance, instructional facilities and infrastructures, and health and working safety toward students’ learning satisfaction either desprerately or simultaneously. It was a census study involving a total number of 175 students. The study exploited an ex-post facto design, where the data obtained by using questionnaires. All the analysis was made by using simple regression, multiple regression, partial correlation, and determination analysis. The result shows that there was a significant contribution between teachers’ performance, instructional facilities and infrastructures, and health and working safety toward students’ learning satisfaction at SMK Negeri 3 Denpasar both separated and simultaneously.
Keywords: teachers’ performance, instructional facilities and infrastructures, health and working safety, students’ learning satisfaction
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i1.120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.