PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MARGA TABANAN)

I KADEK WIDYA WIRAWAN ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) perencanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah, (2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah, dan (3) penilaian pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Marga Tabanan. Subjek penelitiannya adalah guru sejarah kelas X, XI, dan XII. Pengumpulan data menggunakan metode dokumen untuk mendapatkan data berupa silabus dan RPP, sedangkan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data berupa perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis data kualitatif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah sudah cukup diterapkan oleh guru sejarah. (2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah sudah cukup diterapkan oleh guru sejarah. (3) penilaian pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah kurang baik diterapkan oleh guru sejarah.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Marga Tabanan masih perlu ditingkatkan lagi. Oleh karena itu, disarankan kepada guru sejarah, kepala sekolah, komite sekolah, dan dinas pendidikan bekerja sama dengan lebih intensif lagi untuk mendalami penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di sekolah.

Kata Kunci : Kata kunci: pendidikan karakter, pembelajaran sejarah

This study used qualitative research design aimed at describing and explaining (1) the planning of character education through history instruction, (2) the implementation of character education through history instruction, and (3) the evaluation of character education through history instruction at SMA Negeri 1 Marga Tabanan. The subjects were the history teachers who taught at the tenth, eleventh and twelfth grades. The data collection used document method to gather data in the form of syllabus and lesson plans, while observation and interview were used to obtain data in the form of planning, implementation, and evaluation of the instruction. The data analysis used qualitative data analysis, i.e., data collection, data reduction, data display and conclusion or verification.
The results showed that: (1) the planning of character education through history instruction has been implemented quite well by the history teachers. (2) the implementation of character education through history instruction has been implemented quite well by the history teachers. (3) the evaluation of character education through history instruction was not adequately implemented.
Therefore, it can be concluded that the character education through history instruction at SMA Negeri 1 Marga Tabanan still needs to be improved. Thus, it is suggested to the history teachers, the principal, school committee and officers at the office of education to work together more intensively to understand more about the implementation of character education through history instruction at school.

keyword : Keywords: character education, history instruction

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.