Studi Evaluasi Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi Berbasis Agama pada Universitas Kristen Tentena di Gereja Kristen Sulawesi Tengah

OKTAVIANUS FREDRICK BARUSU ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom ., Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengkaji dan mengevaluasi pelaksanaan manajemen pendidikan berbasis agama pada Universitas Kristen Tentena di Gereja Kristen Sulawesi Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan menggunakan teori model Context, Input, Process and Product (CIPP). Konteks, Input dan Proses termasuk variabel bebas, dan Produk merupakan variabel terikat. Sampel populasi berjumlah 41 orang yang merupakan pegawai struktural organisasi. Tehnik pemilihan sampel dilakukan dengan metode sampling quota dengan rumusan Tarro Yamade. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket dengan Skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, Analisis Korelasi Sederhana, dan Analisis Korelasi Ganda. Hasil yang didapatkan dari analisis data pada pelaksanaan manajemen pendidikan berbasis agama di Universitas Kristen Tentena, yaitu: (1) tingkat kesiapan Konteks dalam mendukung efektivitas pelaksanaan manajemen pendidikan tidak rendah dengan nilai 95,72%, (2) kesiapan Input dalam mendukung efektivitas pelaksanaan manajemen pendidikan tidak rendah dengan nilai 84,82%, (3) tigkat kesiapan Proses dalam mendukung pelaksanaan manajemen pendidikan tidak rendah dengan nilai 95,72%, (4) kesiapan Produk dalam mendukung efektivitas pelaksanaan manajemen pendidikan tidak rendah dengan nilai 94,97%, dan (5) terdapat hubungan asosiatif yang positif dan signifikan antara kesiapan Konteks, Input, Proses, dan Produk. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa aspek-aspek tersebut sudah siap dan ada keterkaitan di antara aspek tersebut untuk mencapai efektivitas pelaksanaan manajemen pendidikan berbasis agama di Universitas Kristen Tentena.
Kata Kunci : studi evaluasi, manajemen pendidikan, berbasis agama, model CIPP

The purpose of this study was to analyze, assess, and evaluate the implementation religion-based education management at Tentena Christian Univercity UNKRIT) in Central Sulawesi Christian Church. This research was ex-post facto type by using a model of Context, Input, Process, and Product (CIPP). Context, Input, and Process were are independent variable meanwhile Product was as dependent variable.The sample population were 41 people from the stuctural organization. The sample selection techniques was done by using sampling quota method with Tarro Yamade formula. The data collected through obsrvation, interviews, and questionnaires with Likert Scale. Data analysis was performed by using t-test, Simple Correlation Analysis and Multiple Correlation Analysis. The result which obtained from the data analysis on the implementation of religion-based education management at UNKRIT, as follows: (1) the context readiness level in supporting effectiveness of education management is not low with the value of 95,27%, (2) the input readiness level in supporting effectiveness of education management is not low with the value of 84,42%, (3) the implementation of education management process are not low with the value of 95,72%, (4) the education management products are not low with the value of 94,97%, and (5) there is a positive and significant assosiative between the readiness of context, input, process and product. Based on these result, it can be concluded that these components are ready and there is also a correlation among these components in order to achieve the effectiveness of religion-based education management in UNKRIT
keyword : evaluation study, education management, religion-based, CIPP model

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.