EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN UNTUK ANAK TUNARUNGU DI SLB B N PTN JIMBARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Anak Tunarungu di SLB B N PTN Jimbaran ditinjau dari variabel konteks, input, proses dan produk serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya.
Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif kuantitatif. Penelitian ini menganalisis efektivitas penyelenggaraan pendidikan untuk anak tunarungu dengan model CIPP (konteks, input, proses dan produk). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa, guru, instruktur, pegawai, komite, dan orang tua murid dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara.
Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Untuk menentukan efektivitas program, skor mentah ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype Kuadran Glickman.
Hasil analisis menemukan bahwa efektivitas penyelenggaraan pendidikan untuk anak tunarungu di SLB B N PTN Jimbaran itu kategori tidak efektif dilihat dari variabel konteks (C) (-), input (I) (-), proses (P) (-), dan produk (P) (-). Meskipun dalam kategori tidak efektif, SLB B N PTN Jimbaran tetap melaksanakan pendidikan untuk anak tunarungu dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan prestasi dan keahlian (life skill) siswa agar mereka menjadi terampil, mandiri, memiliki daya saing dan aplikatif dalam masyarakat serta memiliki wawasan luas.
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa efektivitas penyelenggaraan pendidikan untuk anak tunarungu di SLB B N PTN Jimbaran tergolong tidak efektif, untuk itu hal yang dapat dimasukkan atau disarankan antara lain : (1) mempertegas regulasi/aturan program, (2) lebih meningkatkan hubungan kerjasama dengan pemerintah daerah dan pusat, komite sekolah serta dengan dunia usaha dan dunia industry, (3) meningkatkan sumber daya manusia, dan sarana prasarana (4) perencanaan pembelajaran dibuat secara matang, dan (5) program dirancang sebaik-baiknya sehingga program berjalan efektif.
Kata Kunci : Studi Evaluasi, Anak Tunarungu, SLB B N PTN Jimbaran.
This study aims to determine the effectiveness of providing Education for Deaf Children in SLB B N PTN Jimbaran in terms of the context variables, inputs, processes and products as well as the constraints encountered in implementation.
This study includes a quantitative evaluative research. This study analyzed the effectiveness of providing education for children with hearing impairment with CIPP model (context, input, process and product). The population in this reseach are students, teachers, instructors, employees, committees, and parents with sample size of 75 peoples. Data was collected using questionnaires, observations and interviews.
Data were analyzed with descriptive analysis. To determine the effectiveness of the program, raw scores were transformed into T-scores were then verified in a Glickman Quadrant prototype.
End of analysis finds that the effectiveness of providing education for children with hearing impairment in SLB B N PTN Jimbaran was catagorized not effective in variable context (C) (-), the input (I) (-), process (P) (-), and product (P) (-). altough the categories are not effective, SLB B N PTN Jimbaran still implementing with education for children hearing impairment appropriately in order to improve students performance and competencies (life skills) so that they become skilled, independent, has competencies and applicative in social community, also has wide knowledge.
Based on this research it can be concluded that the effectiveness of providing education for children with hearing impairment in SLB B N PTN Jimbaran was catagorized not effective and suggestions that recommended are : (1) increase cooperation relationship , (2) increase cooperation relationship with central and local goverment, school commitee, and industry corporate field, (3) increase human resoures, materials and infrastructure, (4) well-made education planning, and (5) create a properly program so that program running effectively.
keyword : Evaluation Studies, Children with Hearing Impairment, SLB BN PTN Jimbaran.
Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif kuantitatif. Penelitian ini menganalisis efektivitas penyelenggaraan pendidikan untuk anak tunarungu dengan model CIPP (konteks, input, proses dan produk). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa, guru, instruktur, pegawai, komite, dan orang tua murid dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara.
Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Untuk menentukan efektivitas program, skor mentah ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype Kuadran Glickman.
Hasil analisis menemukan bahwa efektivitas penyelenggaraan pendidikan untuk anak tunarungu di SLB B N PTN Jimbaran itu kategori tidak efektif dilihat dari variabel konteks (C) (-), input (I) (-), proses (P) (-), dan produk (P) (-). Meskipun dalam kategori tidak efektif, SLB B N PTN Jimbaran tetap melaksanakan pendidikan untuk anak tunarungu dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan prestasi dan keahlian (life skill) siswa agar mereka menjadi terampil, mandiri, memiliki daya saing dan aplikatif dalam masyarakat serta memiliki wawasan luas.
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa efektivitas penyelenggaraan pendidikan untuk anak tunarungu di SLB B N PTN Jimbaran tergolong tidak efektif, untuk itu hal yang dapat dimasukkan atau disarankan antara lain : (1) mempertegas regulasi/aturan program, (2) lebih meningkatkan hubungan kerjasama dengan pemerintah daerah dan pusat, komite sekolah serta dengan dunia usaha dan dunia industry, (3) meningkatkan sumber daya manusia, dan sarana prasarana (4) perencanaan pembelajaran dibuat secara matang, dan (5) program dirancang sebaik-baiknya sehingga program berjalan efektif.
Kata Kunci : Studi Evaluasi, Anak Tunarungu, SLB B N PTN Jimbaran.
This study aims to determine the effectiveness of providing Education for Deaf Children in SLB B N PTN Jimbaran in terms of the context variables, inputs, processes and products as well as the constraints encountered in implementation.
This study includes a quantitative evaluative research. This study analyzed the effectiveness of providing education for children with hearing impairment with CIPP model (context, input, process and product). The population in this reseach are students, teachers, instructors, employees, committees, and parents with sample size of 75 peoples. Data was collected using questionnaires, observations and interviews.
Data were analyzed with descriptive analysis. To determine the effectiveness of the program, raw scores were transformed into T-scores were then verified in a Glickman Quadrant prototype.
End of analysis finds that the effectiveness of providing education for children with hearing impairment in SLB B N PTN Jimbaran was catagorized not effective in variable context (C) (-), the input (I) (-), process (P) (-), and product (P) (-). altough the categories are not effective, SLB B N PTN Jimbaran still implementing with education for children hearing impairment appropriately in order to improve students performance and competencies (life skills) so that they become skilled, independent, has competencies and applicative in social community, also has wide knowledge.
Based on this research it can be concluded that the effectiveness of providing education for children with hearing impairment in SLB B N PTN Jimbaran was catagorized not effective and suggestions that recommended are : (1) increase cooperation relationship , (2) increase cooperation relationship with central and local goverment, school commitee, and industry corporate field, (3) increase human resoures, materials and infrastructure, (4) well-made education planning, and (5) create a properly program so that program running effectively.
keyword : Evaluation Studies, Children with Hearing Impairment, SLB BN PTN Jimbaran.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.