KONTRIBUSI KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK, ADMINSTRASI KEMAHASISWAAN DAN SARANA PRASARANA KAMPUS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA STP NUSA DUA BALI

NI NYOMAN SUCI ARTHINI ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi kualitas layanan administrasi akademik, administrasi kemahasiswaan, kelengkapan sarana prasarana kampus baik secara terpisah maupun secara bersana-sama terhadap kepuasan mahasiswa STP Nusa Dua Bali. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester terakhir di STP ND Bali. Sesuai dengan table Krejcie dan Morgan, sampel berjumlah 150 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuisioner untuk mengukur persepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan administrasi akademik, administrasi kemahasiswaan, sarana prasarana kampus dan kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Adanya korelasi secara signifikan antara Kualitas Layanan Administrasi Akademik dengan Kepuasan Mahasiswa STP ND Bali dengan fhitung= 59 ,872 (p<0,05) serta kontribusi SR sebesar 35.66 % 2) Berkorelasi secara signifikan antara Administrasi Kemahasiswaan dengan Kepuasan Mahasiswa STP ND Bali dengan f hitung =72,637 (p<0,05) serta SR sebesar 50,99%. 3) Terdapat korelasi yang signifikan antara Sarana Prasarana Kampus dengan Kepuasan Mahasiswa STP ND Bali dengan f hitung = 12.561(p<0,05) serta kontribusi SR sebesar 13,42%. 4) Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara Kualitas Layanan Administrasi Akademik, Administrasi Kemahasiswaan, dan Sarana Prasarana Kampus dengan Kepuasan Mahasiswa STP ND Bali dengan fhitung = 37,407 (p<0,05).
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Adminstrasi Kemahasiswaan, sarana prasarana kampus, Kepuasan Mahasiswa.

This research aims to determine the contribution of the quality of academic administration service, student administration service and campus facilities, either separately or simultaneously, to the satisfaction of STP Nusa Dua Bali students. The sample was 150 students. The research is ex-post facto in its approach. Data were collected by using questionnaire. Hypotheses testing was done by employing multiple regression analysis. The result of the study revealed that (1) there is a significant correlation between the quality of academic administration service and the satisfaction of STP Nusa Dua Bali students with Freg = 59,872 (p<0,05) and relative contribution of 35,66 %, (2) there is a significant correlation between the administrations student and the satisfaction of STP Nusa Dua Bali students with Freg =72,637 (p<0,05) and the relative contribution of 50%, (3) There is a significant correlation between campus facilities with satisfaction of STP Nusa Dua Bali students with Freg = 12,561 (p<0,05) and relative contribution of 13,42 % and (4) simultaneously the three predictor, quality of academic administration service, students administration service and campus facilities are significantly correlated with the satisfaction of STP Nusa Dua Bali students with Freg = 37,407 (p<0,05).
keyword : service quality, student administration, campus facilities, student satisfaction

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.