PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN SETTING GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KUTA KABUPATEN BADUNG

I DEWA AYU AGUNG ISTRI MAYUN ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd ., Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu, M.Pd. .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar geografi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dan pembelajaran konvensional. Sebanyak 58 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kuta dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen non-equivalent post-test only control group design. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Uji validitas kuesioner dan tes dianalisis dengan menggunakan Product Moment dan Point Biserial. Uji reliabilitas kuesioner dan tes dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach dan KR-20. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=10,373 dan Sig.=0,020; p<0,05); kedua, terdapat perbedaan hasil belajar geografi yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=20,783 dan Sig.= 0,000; p<0,05); ketiga, secara simultan terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar geografi yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=15,308 dan Sig.=0,000;p<0,05).
Kata Kunci : Model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation, motivasi belajar, hasil belajar.

This study aimed to finding the difference of students’ motivation and learning achievement of geography between the students who treated with ARIAS learning model with Setting Group Investigation than conventional model. There were 58 students in eleventh grade of Social class in SMA Negeri 2 Kuta selected as a sample. The study used experiment research design with the non-equivalent post-test only control group design. The data of motivation learning collected by questioner and learning achievement collected by objective test. Validity test of questioner and test analyzed by used Product Moment and Point Biserial. The reliability test of questioner and the test used by Alpha Cronbach and KR-20. The hypothesis test used ANAVA and MANOVA. The result showed us that : first, there was a significant difference between the students that treated with ARIAS learning model with Setting Group Investigation than those who treated with conventional learning model (F=10,373 dan Sig.=0,020; p<0,05); second there was a difference of students’ learning achievement between the students who treated with ARIAS learning model with Setting Group Investigation than those who treated with conventional learning model (F=20,783 dan Sig.= 0,000; p<0,05); third simultaneously there was a significant difference between motivation and learning achievement of geography between the students who treated with ARIAS learning model with Setting Group Investigation than those who treated with conventional learning model (F=15,308 dan Sig.=0,000;p<0,05).
keyword : ARIAS learning model with Setting Group Investigation, motivation of study, learning achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.