PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DENGAN KOVARIABEL SIKAP SOSIAL PADA MADRASAH TSANAWIYAH AL AMIN DI KABUPATEN TABANAN

TITIN HERAWATI ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd ., Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Tingkat Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat. Penelitian ini tergolong dalam Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan Posttest Only Control Group Design. Subyek penelitian yang digunakan adalah 63 orang siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Amin Tabanan yang berasal dari 2 kelas. Teknik pemilihan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan metode random. Variabel yang digunakan, yaitu model pembelajaran kooperatif STAD sebagai variabel independen, hasil belajar IPS sebagai variabel dependen, dan sikap sosial sebagai kovariabel. Data penelitian diperoleh dari tes Hasil Belajar IPS dan kuesioner Sikap Sosial. Hipotesis penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji Anava Satu Jalur, Uji Anakova Satu Jalur, dan Regresi Linear Sederhana. Hasil yang didapatkan dari analisis data kelas kontrol dan kelas eskperimen adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar IPS kelas kontrol tidak sama dengan kelas eksperimen dengan Fhitung = 77,19, (2) hasil belajar IPS kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak sama sesudah dilakukan pengendalian sikap sosial dengan Fhitung = 11,93, dan (3) sikap sosial memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS kelas eksperimen dengan angka koefisien korelasi (r) = 0,54. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD bisa memberikan hasil yang lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional. Hasil ini juga turut dipengaruhi oleh sikap sosial sebagai faktor eksternalnya.
Kata Kunci : model pembelajaran, kooperatif, konvensional, tipe STAD, sikap sosial

This study aimed to determine and analyze the influence of Student Teams Achievement Division (STAD) cooperative learning model on Social Science (IPS) learning outcome in Junior High School (SMP) or its equivalent. This study classified as Quasi Experiment and used Posttest Only Control Group Design. The research subjects were 63 people from 2 classes of 9th grade student of Madrasah Tsanawiyah Al Amin, Tabanan. Selection techniques of control class and experiment class was conducted by using random method. The Variables that used in this study were STAD cooperative learning model as independent variable, IPS learning outcome as dependent variable, and social attitude as covariates. The data were obtained from the test result of IPS learning outcome and Social Attitude questionnaire. The study hypothesis were analyzed by using One Way Anova, One Way Anacova, and Simple Linear Regression. The results which obtained from the analysis of control class and experiment class are as follows: (1) the IPS test result of control class is not the same as experiment class with Fhitung = 77,19, (2) the IPS test result of control class is not the same as experiment class after controlling the social attitude with Fhitung = 11,93, and (3) social attitude contributes positively and significantly to the result of IPS test with correlation coefficient value (r) = 0,54. Based on these results, it can be concluded that STAD cooperative learning model can provide better results than conventional learning model. These results are also influenced by social attitude as its external factors.
keyword : learning model, cooperative, conventional, STAD type, social attitude

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.