KONTRIBUSI MOTIVASI KERJA, ETOS KERJA, DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KECAMATAN KARANGASEM

LUH KOMANG RATMINI

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kecenderungan motivasi kerja, etos kerja, pengalaman mengajar, dan kinerja guru bahasa Inggris, dan menganalisis kontribusi motivasi kerja, etos kerja, dan  pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bahasa Inggris baik secara sendiri sendiri maupun secara bersama-sama.

Penelitian ini merupakan suatu ex-post facto dengan rancangan korelasional yang melibatkan sebanyak 34 orang guru bahasa Inggris pada Sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan Karangasem sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumen, dan lembar observasi model skala Likert, dan pengolahan data dianalisis dengan analisis regresi.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi kerja, etos kerja, pengalaman mengajar, dan kinerja guru bahasa Inggris pada Sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan Karangasem memiliki kecenderungan sangat baik. Setelah pengujian hipotesis dengan analisis regresi ditemukan: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru bahasa Inggris dengan kontribusi sebesar  86,8% dan sumbangan efektif sebesar 58,2%. (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara etos kerja terhadap kinerja guru bahasa Inggris dengan kontribusi sebesar 57,4% dan sumbangan efektif sebesar 14%. (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bahasa Inggris dengan kontribusi sebesar 69,9% dan sumbangan efektif sebesar 20,3%. (4) secara bersama-sama  terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja, etos kerja, dan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bahasa Inggris dengan kontribusi sebesar 93,2%  dan sumbangan efektif sebesar 92,5%.

Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi kerja, etos kerja, dan pengalaman mengajar dapat dijadikan prdiktor  tingkat kinerja guru bahasa Inggris pada Sekolah menengah Pertama (SMP) di Kecamatan karangasem

 

Kata Kunci:   Motivasi   kerja,   Etos    Kerja,   Pengalaman   Mengajar,   Kinerja

Guru Bahasa Inggris


ABSTRACT

 

This  present study aimed at  describing the tendency of  work motivation, work morale, teaching experience and English teachers’ performance, and analyzing the contribution of work motivation, work morale, and teaching experience to English teachers performance both separately and simultaneously.

This study is an ex-post facto with correlation method involving 34 English teachers at Junior High School in Karangasem Distric as a sample. The data were collected by using questionnaire, document, and observation sheet with a Likert scale model, and then processed by regression analysis.

The result of descriptive analysis showed that work motivation, work morale, teaching experience and English teachers’ performance had very good tendency. After the hypothesis test with regression analysis, it was found that    (1)  there  was  a  significant contribution of work  motivation  to English teachers’ performance with  86,8%  contribution and 58,2% effective contribution, (2) there was a significant contribution of work morale to English teachers’ performance with 57,4% contribution and 14% effective contribution, (3) there was a significant contribution of teaching experience to English teachers’ performance with 69,9% contribution and  20,3% effective contribution, and (4)  there was a significant contribution of work motivation, work morale, teaching experience to English teachers’ performance with 93,2% contribution and 92,5% effective contribution.

Based on the result of this study, it can be concluded that work motivation, work morale, and teaching experience can be used as predictors of the level of English teachers’ performance at Junior High School in Karangasem Distric.

 

Key words:  Work  Motivation,  Work  Morale,  Teaching   Experience,  English Teachers’ Performance




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.