PENGARUH INTELIGENSI DAN PENALARAN FORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMLAPURA N PENALARAN

Luh . Seniwati

Abstract


ABSTRAK

 

LUH SENIWATI. Pengaruh Inteligensi Dan  Penalaran Formal Terhadap Prestasi Belajar  Matematika  Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2  Amlapura. Tesis. Singaraja : Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Univesitas Pendidikan Ganesha.

 

Kata Kunci : Inteligensi, Penalaran Formal, Prestasi Belajar , eksogenus dan endogenus

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas inteligensi(X1) dan penalaran formal(X2) terhadap variabel terikat prestasi belajar matematika (Y). Penelitian ini merupakan penelitian ex past facto. Penelitian ini dilaksanakan di  SMP Negeri 2 Amlapura di Kabupaten Karangasem, dengan responden sebanyak 131 orang. Responden  yang diambil   siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Amlapura. Instrumen penelitian yang digunakan adalah test penalaran formal dan test prestasi belajar matematika dengan empat pilihan. Untuk data inteligensi  menggunakan dokumen hasil test inteligensi yang standar yang telah dikeluarkan oleh lembaga peneliti IQ dari Undiksha Singaraja.

Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik analisis Jalur. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengetahui kecenderungan setiap variabel dengan kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, atau sangat tinggi. Analisis jalur untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung dan tidak langsung variabel X1 dan X2, terhadap  variabel Y.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut  : 1) Inteligensi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,537  yang terkomposisi menjadi pengaruh langsung sebesar 0,308 dan pengaruh tidak langsung  sebesar 0,229.  2) Penalaran Formal mempunyai pengaruh langsung  yang signifikan  terhadap prestasi belajar matematika, sebesar 0,618 dan penalaran formal tidak memiliki pengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Amlapura.

 

ABSTRACT

LUH SENIWATI. The Effect of Intelligence and Formal Thinking toward Mathematic’s  Study Achievement of Grade Eight Students of SMP Negeri 2 Amlapura. Thesis. Singaraja : Educational Administration, Post Graduate Program, The  Education University of Ganesha.

Keywords: Intelligence, Formal Thinking, Study Achievement, eksogenus, endogenus

The objective of the present study is to find out the effect of independent  variable intelligence (X1) and formal thinking (X2) toward dependent variable Mathematic’s study achievement (Y). This study belongs to the ex-post facto design. This study carried out at SMP Negeri 2 Amlapura at Karangasem Regency with a sample of 131 respondents. The respondents were grade eight students of SMP Negeri 2 Amlapura. The instrument used in this study consisted of formal thinking test and Mathematic’s study achievement test with four choice. The data of intelligence were collected by using document taken from standard intelligence test result  of Undiksha IQ Research Departement, Singaraja.

The data were analysed by descriptive analysis and path analysis technique.           Descriptive analysis aimed at finding out the tendency of each variable using categories of very low, low, average, high, and very high. Path analysis technique aimed at finding out the direct effect and indirect effect contribution of variable X1 and X2 toward variable Y.

Findings of the study showed that : 1) Intelligence had a positive and significant effect toward Mathematic’s study achievement with 0,537 total contribution, and composed of the direct effect was 0,308 and indirect effect was 0,229.  2) Formal thinking had  a significant direct effect toward Mathematic’s study achievement with 0,618 total contribution and formal thinking did not have indirect effect toward Mathematic’s study achievement grade eight students of SMP Negeri 2 Amlapura.



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.