Hubungan Antara Fungsi Kepeminpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Pemberian Insentif dengan profesionalisme Guru Tidak Tetap SMA Negeri di Kota Denpasar

JRO KUM ., PROF. DR. NYOMAN DANTES ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) fungsi kepeminpinan kepala sekolah, (2) iklim organisasi, (3) pemberian insentif dan (4) fungsi kepeminpinan kepala sekolah, iklim organisasidan dan pemberian insentif secara simultan dengan profesionalisme guru tidak tetap SMA Negeri di Koa Denpasar.

Populasi dalam penelitian ini adalah guru- guru tidak tetap SMA Negeri di kota Denpasar yang berjumlah 158 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik proporsional Random Sampling, yang mengambil sampel guru tidak tetap SMA negeri di Kota Denpasar. Penelitian ini dirancangan dalam bentuk penelitian ex-post facto. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dengan model skala Likert, Data dianalisis dengan regresi sederhana, korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda, korelasi parsial .Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara: (1) fungsi kepeminpinan kepala sekolah dengan kontribusi 40,4 % , koefisien Korelasi 60,8 % dan memberikan sumbangan efektif sebasar 30,5 %, (2) iklim organisasi dengan kontribusi 25 % , koefisien korelasi 32% dan memberikan subangan efektif 10,9 %, (3) pemberian Insentif dengan kontribusi 33,3 % , koefisien korelasi 65% dan memberikan sumbangn efektif 24,1 % , (4) fungsi kepeminpinan kepala sekolah, iklim organisasi dan pemberian insentif dan secara simultan dengan profesionalisme guru tidak tetap SMA Negeri di Kota Denpasar dengan kontribusi 65,5 %.Berdasarkan Hasil Penelitian yang dilakukan baik secara terpisah maupun secara simultan masing- masing variabel dapat disimpulka ada hubungan yang signifikan antara fungsi kepeminpinan kepala sekolah, iklim organisasi dan pemberian insentif dengan profesionalisne guru tidak tetap SMA Negeri di Kota Denpasar, maka diharapkan kepada perencana, pembuat dan pelaksana dan pengawas kebijakan di bidang pendidikan kepala sekolah, komite sekolah dan pemerintah kota Denpasar dan pusat agar mempertimbangkan hasil penelitian ini sebagai wujud keberpihakan kepada guru tidak tetap sehingga tuntutan meningkatnya profesionalisme guru tidak tetap dapat terwujud dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia sebagai modal pembangunan Nasional.

Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Fungsi Kepeminpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Pemberian Insentif

This study aim to find out the correlation between: (1) function of the principal’s leadership, (2) organization climate, (3) incentive giving and (4) function of the principal leadership, organization climate and incentive giving simultaneously with un-permanent teacher profesionalism of public senior high school in Denpasar city.
Population in this study was un-permanent teacher of public senior high school in Denpasar city with number of sample was 158 people. Taking of sample by proportional random sampling technique, and un-permanent teacher of public senior high school in Denpasar city. This study in the form of expost facto. Data was collected by questioner with Likert scale. Data was analyzed with simple regression, simple correlation, multiple correlation, multiple regression analysis, partial analysis. The result of study shows that there is significant correlation between: (1) function of the principal leadership with contribution 40,4%, correlation coeficient is 60,8% and giving effective contribution is 30,5%, (2) organization climate with contribution is 25%, correlation coeficient is 32%, correlation coeficient is 65% and to give of effective contribution 10,9%, (3) giving of incentive with contribution 33,3%, correlation coeficient 65% and to give effective contribution of 24,1%, (4) function of the principal leadership, organization climate and incentive giving and simultaneously with un-permanent teacher profesionalism of public senior high school in Denpasar city with contribution 65,5%. Based on the result has been conducted either partially or simultaneously at each variable can ben concluded that there is significant correlation between the principal leadership function, organization climate and incentive giving with the un-permanent teacher profesionalism of public senior high school in Denpasar city, hence it will be expected to the planner, maker and implementor and supervisor in education fiel, the principal, school commitee and the government of Denpasar city and central government in order to consider this study result as realization of the siding of un-permanent teacher so that claim to improve un-permanent profesionalism teacher can be realized in order to improve quality of human resources as capital of national development.

keyword : Profesionalism of teacher, Function of the principle’s leaderhsip, Organization climate, Incentive giving

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.