DETERMINASI PERSEPSI GURU PADA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN ETOS KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SD GUGUS V KECAMATAN SERIRIT

I GEDE ARDANA ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi persepsi guru pada kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional dan etos kerja guru terhadap motivasi kerja guru SD Gugus V Kecamatan Seririt. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang bertugas SD Gugus V Kecamatan Seririt. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik sensus. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah sampel 31 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner, analisis data dengan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat determinasi yang signifikan antara persepsi guru pada kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru pada SD Gugus V Kecamatan Seririt dengan koefisien korelasi sebesar 0,744 dan sumbangan efektifnya sebesar 31,68%, 2) terdapat determinasi yang signifikan antara kompetensi profesional terhadap motivasi kerja guru pada SD Gugus V Kecamatan Seririt dengan koefisien korelasi sebesar 0,393 dan sumbangan efektifnya sebesar 10,36%, 3) terdapat determinasi yang signifikan antara etos kerja terhadap motivasi kerja guru pada SD Gugus V Kecamatan Seririt dengan koefisien korelasi sebesar 0,687 dan sumbangan efektifnya sebesar 26,97%, 4) secara bersama-sama, terdapat determinasi yang signifikan antara persepsi guru pada kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional, dan etos kerja guru terhadap motivasi kerja guru di SD Gugus V Kecamatan Seririt dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,690 dan determinasinya sebesar 69% terhadap Motivasi kerja guru SD Gugus V Kecamatan Seririt.
Kata Kunci : persepsi guru pada kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional, etos kerja guru dan motivasi kerja guru

This study aims to determine the perceptions of teachers' determination on school leadership, professional competence and work ethic of teachers to motivate elementary school teacher work force V District of Seririt. The population of this research is all the teachers in charge of elementary Cluster V District of Seririt. Sampling was done through census techniques. This research is "ex-post facto" with a sample of 31 people. Data collection tool was a questionnaire, data analysis with regression techniques. The results showed that: 1) there is a significant determinant of perceptions of teachers in school leadership on work motivation of teachers in elementary Force V District of Seririt with a correlation coefficient of 0.744 and the effective contribution of 31.68%, 2) there is a significant determinant of competence professionals to work motivation of teachers in elementary Force V District of Seririt with a correlation coefficient of 0.393 and the effective contribution of 10.36%, 3) there is a significant determinant of the work ethic of the work motivation of teachers in elementary Force V District of Seririt with a correlation coefficient of 0.687 and effective contribution by 26.97%, 4) are together, there is a significant determinant of perceptions of teachers on school leadership, professional competence, and work ethic motivation of teachers to work in primary school teacher Force V District of Seririt with multiple correlation coefficient of 0.690 and determination of 69% on work motivation elementary teachers Force V District of Seririt.
keyword : teachers' perceptions on school leadership, professional competence, teachers work ethic and motivation of teachers

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.