EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SMP NEGERI 4 SERIRIT KABUPATEN BULELENG

AYU KOMANG RATNA DEWI ., PROF. DR. I MADE YUDANA, M.Pd. ., PROF.DR.A.A. GEDE AGUNG, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas efektivitas program bantuan operasional sekolah pada SMP Negeri 4 Seririt serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian empirik (expost facto). Sampel penelitian adalah 42 orang. Pengumpulan data tentang efektivitas program bantuan operasional sekolah di SMP 4 Seririt dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui editing, koding dan tabulasi, kemudian ditarik sebuah kesimpulan berdasarkan transformasi T – tes dalam bentuk kode min (-) dan plus (+) yang selanjutnya dimasukkan ke dalam kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelaksanaan bantuan operasional sekolah di SMP Negeri 4 Seririt dilihat dari variabel konteks dengan frekuensi kategori positif 60,91%, (2) Kualitas pelaksanaan bantuan operasional sekolah di SMP Negeri 4 Seririt dilihat dari variabel input dengan frekuensi kategori positif 60,91%, (3) Kualitas pelaksanaan bantuan operasional sekolah di SMP Negeri 4 Seririt dilihat dari variabel proses dengan frekuensi katagori positif 52,62% (4) Kualitas pelaksanaan bantuan operasional sekolah di SMP Negeri 4 Seririt dilihat dari variabel produk dengan frekuensi kategori positif 59,52%.
Kata Kunci : studi evaluasi,konteks, input, proses, hasil, bantuan operasional sekolah

This study aims to knowing the effectiveness of the school operational assistance program in the SMP Negeri 4 Seririt Buleleng regency. The approach of this research uses empirical research (ex post facto). The sample was 42 people. Collecting data on the effectiveness of operational assistance programs in junior high school 4 Seririt done by using questionnaires. The data have been collected and analyzed through editing, coding and tabulation, then pulled a conclusion based on the transformation of T - test in coded form min (-) and plus (+) are then introduced into quadrants Glickman. The results showed that: (1) The quality of the implementation of operational support schools in SMP Negeri 4 Seririt seen from the context variable frequency 60.91% positive category, (2) the quality of the implementation of operational support schools in SMP Negeri 4 Seririt seen with the frequency of the input variables 60.91% positive category, (3) quality of the implementation of operational support schools in SMP Negeri 4 Seririt seen from the category of process variables with positive frequency 52.62% (4) The quality of the implementation of operational support schools in SMP Negeri 4 Seririt views of variable products with frequency of 59.52% positive category.
keyword : evaluation study, context, input, process, outcomes, school operational assistance

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.