Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2014/2015

NI WAYAN SIWARDANI ., PROF. DR. NYOMAN DANTES ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ADDIE dan siswa yang mengikuti model konvensional, (2) perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ADDIE dan siswa yang mengikuti model konvensional, dan (3) perbedaan pemahaman konsep fisika dan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ADDIE dan siswa yang mengikuti model konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan“ non-equivalent post-test only control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat belas rombongan belajar. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik random sampling. Dari empat belas rombongan belajar yang ada diambil secara random, satu kelas diambil sebagai kelompok eksperimen (kelas yang mengikuti model pembelajaran ADDIE) dan satu kelas sebagai kelompok kontrol (kelas yang mengikuti model konvensional) dengan teknik undian. Data dikumpulkan dengan tes dan dianalisis dengan analisis varians dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan uji-F. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran ADDIE dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan FHitung = 88,771, sig.=0,002 (p < 0,05), (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran ADDIE dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 33,093, sig. =0,000 (p<0,05), dan (3) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika dan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran ADDIE dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi dengan Fhitung = 97,143, sig.=0,000 (p<0,05). Berdasarkan temuan-temuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ADDIE berpengaruh terhadap pemahaman konsep fisika dan keterampilan berpikir kritis pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : model pembelajaran ADDIE, model konvensional, pemahaman konsep fisika, keterampilan berpikir kritis

This research was aims to determine: (1) the difference in understanding physics concept between the students who follow the ADDIE learning model and the students who follow the conventional model, (2) the difference in critical thinking skills between the students who follow the ADDIE learning model and the students who follow the conventional model, and ( 3) difference in understanding physics concepts and critical thinking skills between the students who follow the ADDIE learning model and the students who follow the conventional model. This research is an experiments research with design "non-equivalent post-test only control group design". The populations in this research were all students in tenth Grade Students of SMAN 2 Mengwi in the academic year 2014/2015 that consist of fourteen learning groups. The sampling technique used to determine the sample is a random sampling technique. From the fourteen existing learning groups taken randomly, one class is taken as an experimental group (the class that follows the ADDIE learning model) and one class as the control group (the class that follow the conventional model) with lottery technique. The Data is collected by the test and analyzed by analysis of variance and Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) with the F-test. The results show that: (1) there are differences in understanding physics concept between the student groups were studied the ADDIE learning model and student groups were studied with conventional learning model with Fhitung = 88.771, sig. = 0.002 (p <0.05), (2) There are differences in critical thinking skills between the student groups were studied the ADDIE learning model and student groups were studied with conventional learning model with Fhitung = 33.093, sig. = 0.000 (p <0.05), and (3) there are differences in understanding physics concept and critical thinking skills between the student groups were studied the ADDIE learning model and student groups were studied with conventional learning model in tenth Grade Students of SMA Negeri 2 Mengwi with Fhitung = 97.143, sig. = 0.000 (p <0.05). Based on the findings above, it can be concluded that the ADDIE learning model influential on the understanding physics concepts and critical thinking skills in tenth Grade Students of SMAN 2 Mengwi in the academic year 2014/2015.
keyword : ADDIE learning model, the conventional model, understanding Physics Concept, Critical Thinking Skills

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.