Kepemimpinan Wirausaha Kepala Sekolah Dalam Menunjang Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah (Studi Kasus Pada SMK Negeri 1 Tabanan)

IDA AYU YUNITA WEDASWARI ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. ., PROF. DR. I MADE YUDANA, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan wirausaha kepala sekolah pada SMK Negeri 1 Tabanan, terutama pada usaha pengenalan bentuk kepemimpinan wirausaha kepala sekolah, serta bagaimana keeratan, keterkaitan, dan pola hubungan antar aspek-aspek kepemimpinan wirausaha dalam menunjang manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah, dimana teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa, 1)selaras dengan kebijakan otonomi sekolah yang digariskan sejak tahun 2001-2002, kepala sekolah SMK di SMK Negeri 1 Tabanan mampu mengimplementasikan kepemimpinan wirausaha dalam memacu kinerja aparat sekolah, khususnya guru, dimana kepemimpinan wirausaha kepala sekolah memiliki keterkaitan yang erat dengan manajemen peningkatan mutu pendidikan, 2) kendala-kendala yang dihadapi adalah kurangnya kepercayaan dari kepala sekolah kepada bawahan sehingga membatasi kreatifitas para guru dan staf.

Kata Kunci : kepemimpinan wirausaha, mutu pendidikan, manajemen mutu sekolah.


This study aims to determine the entrepreneurial leadership of principals at SMK Negeri 1 Tabanan, especially the introduction of business entrepreneurs form the principal's leadership, as well as how closeness, connectedness, and the pattern of relationships between aspects of entrepreneurial leadership in supporting the improvement of the quality of school-based management, where the technique research is interview and observation. The approach used is a qualitative approach.

The results showed that, 1) aligned with school autonomy policies outlined since 2001-2002, head of the vocational school at SMK Negeri 1 Tabanan able to implement entrepreneurial leadership in accelerating the performance of school personnel, especially teachers, where the entrepreneurial leadership of principals have linkages closely with management to improve the quality of education, 2) constraints faced is the lack of confidence from the principal to the subordinate limiting the creativity of the teachers and staff.

keyword : entrepreneurial leadership of the principal, improving the quality of education, school quality management



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.