Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Komitmen Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus VII Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung

I NENGAH KEMANANDA ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. ., Dr. KADEK RIHENDRA DANTES,ST.,M.T .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besarnya kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan komitmen kerja guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian ex-post fakto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru Sekolah Dasar Gugus VII Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 89 orang guru. Data tentang kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan komitmen kerja guru dan kinerja guru dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Dari hasil uji multikolineritas antar variabel X1 dengan X2, X1 dengan X3 dan X2 dengan X3 dalam penelitian ini diperoleh nilai VIF masing-masing: 1,034, 1,103, dan 1,119. (nilai VIF berada pada rentangan 1-10). Hal ini berarti bahwa antara sesama variabel bebas tidak terjadi multikolinieritas. Data dianalisis dengan korelasi dan regresi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama terdapat kontribusi yang signifikan perilaku kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Gugus VII Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung dengan Fhitung = 166,937 dan kontribusi sebesar 65,7%. Kedua terdapat kontribusi yang signifikan budaya organisasi yang diterapkan lembaga sekolah terhadap kinerja guru dengan F hitung = 27,548 dan kontribusi sebesar 24,0%. Ketiga, terdapat kontribusi yang signifikan komitmen kerja yang dimiliki guru terhadap kinerja guru dengan F hitung = 50,735 dan kontribusi sebesar 36,8%. Keempat, terdapat kontribusi yang signifikan perilaku kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi sekolah, dan komitmen kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan F hitung = 685,015, dan kontribusi sebesar 96%.
Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kinerja Guru, Komitmen Kerja Guru, Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah

This study aimed to describe the contribution of the behavior of school leadership, organizational culture, and work commitment of teachers on teacher performance. This research is an ex-post facto. The population in the study were all elementary school teachers Cluster VII Mengwi Badung District of the academic year 2013/2014, amounting to 89 teachers. Data on school leadership, organizational culture, and work commitment of teachers and teacher performance are collected through questionnaires. From the test results multicolinearity between variables X1 with X2, X3 and X1 with X2 by X3 in this study was obtained VIF respectively: 1.034, 1.103, and 1.119. (VIF is in the range 1-10). This means that among the independent variables do not occur multikolinieritas. Data were analyzed with correlation and regression. Research results show that: First there is a significant contribution applied leadership behavior principals on teacher performance in the Cluster VII Elementary School District of Mengwi Badung with Fhitung = 166.937 and a contribution of 65.7%. Secondly there is a significant contribution applied organizational culture of school institutions on teacher performance by F count = 27.548 and a contribution of 24.0%. Third, there is a significant contribution to the work commitments held by teachers on teacher performance by F count = 50.735 and a contribution of 36.8%. Fourth, there is a significant contribution to the behavior of school leadership, school organizational culture, and commitment of teachers working together on teacher performance by F count = 685.015, and a contribution of 96%.
keyword : Organizational Culture , Teacher Performance , Work Commitment Teacher , Principal Leadership Behavior



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.