Kontribusi Supervisi Akademik, Iklim Kerja Sekolah, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SD Gugus I Mengwi Kabupaten Badung

I DEWA KETUT SUNARDIA ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. ., Dr. KADEK RIHENDRA DANTES,ST.,M.T .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi supervisi akademik, iklim kerja sekolah, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SD Gugus I Mengwi Kabupaten Badung. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri 1 Sukawati, dengan jumlah anggota populasi 65 orang guru. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportional random sampling. Berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 orang guru. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan metode regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi supervisi akademik terhadap kinerja guru pada SD Gugus I Mengwi Kabupaten Badung dengan kontribusi sebesar 12,6%, (2) terdapat kontribusi iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru pada SD Gugus I Mengwi Kabupaten Badung dengan kontribusi sebesar 17,4%, (3) terdapat kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SD Gugus I Mengwi Kabupaten Badung dengan kontribusi sebesar 30,7%, dan (4) terdapat kontribusi supervisi akademik, iklim kerja sekolah, dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada SD Gugus I Mengwi Kabupaten Badung dengan kontribusi sebesar 60,7%. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat kontribusi supervisi akademik, iklim kerja sekolah, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SD Gugus I Mengwi Kabupaten Badung.
Kata Kunci : Iklim kerja sekolah, kinerja guru, motivasi kerja, supervisi akademik

This study aimed to knowing the contribution of academic supervision, school work climate, and work motivation toward teacher’s performance at SD Gugus I Mengwi Badung Regency. This study used the ex post facto research approach. The population of this study was the whole teacher at SD Gugus I Mengwi Badung Regency with total 65 teachers. The sampling technique is done by using proportional random sampling. Based on Krejcie and Morgan’s table, 56 teachers used as sample. The data obtained analyzed by simple regression, multiple regression, and partial correlation. The result show that: 1) there is a contribution of academic supervision toward teacher’s performance at SD Gugus I Mengwi Badung Regency of 12.6%; 2) there is a contribution of school work climate toward teacher’s performance at SD Gugus I Mengwi Badung Regency of 17.4%; 3) there is a contribution of work motivation toward teacher’s performance at SD Gugus I Mengwi Badung Regency of 30.7%; and 4) there is a contribution of academic supervision, school work climate, and work motivation toward teacher’s performance at SD Gugus I Mengwi Badung Regency of 12.6% Based on the result, it concluded that there are contribution of academic supervision, school work climate, and work motivation toward teacher’s performance at SD Gugus I Mengwi Badung Regency.
keyword : academic supervision, school work climate, teacher’s performance, work motivation



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.