PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MADE . JULIASIH

Abstract


ABSTRAK

 

Bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Efektifitas pelaksanaan program pengembangan diri pada SMA Negeri di Kabupaten Karangasem.

 

Hasil secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengembangan diri pada SMA Negeri di Kabupaten Karangasem memperoleh hasil yang kurang efektif.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Efektifitas pelaksanaan program pengembangan diri pada SMA Negeri di Kabupaten Karangasem hanya input hasilnya positif (+), dengan kreteria efektif sedangkan yang lain hasilnya negatif (-) dengan kreteria kurang efektif, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pelakasanaan program  pengembangan diri pada SMA Negeri di Kabupaten Karangasem memperoleh hasil yang kurang efektif.

Implikasi diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan kepada kepala sekolah dan pemerintah dalam hal ini Kabupaten Karangasem, sehingga perlu memberikan perhatian lebih dalam upaya meningkatkan efektifitas pelaksanaan pengembangan diri pada SMA Negeri di Kabupaten Karangasem. Permasalahan yang dihadapi adalah masih banyak guru yang tidak relevan dengan tugasnya, sebagian besar guru belum pernah mendapat diklat khsus pengembangan diri, sarana prasarana sekolah juga belum memadai untuk pelaksanaan pengembangan diri.

 

Kata-kata Kunci : Pengembangan diri.

 

ABSTRACT

 

Head for describing about effectiveness of the the implementation of self-development program at public senior high schools in Karangasem regency.

Overall result can be concluded thet the implementation of self-development at Public Senior High Schools in Karangasem regency obtain results that are less effective.

The Research result indicates that the effectivity of self development program implementation at public senior high schools in Karangasem regency is positive only for the input with,the criteria ofefective,menwhile the others are negative with the criteria of less effective,over all,it can be concluded that the effectivity of self,development program implementation at pubilc senior high schools in  Karangasem regency is less effective.

The implication is  hopefully able to give signicant contribution to wards the  headmaster and government,Karangasem regency,so that they can give more attention to increase the effectivity of self - development program implementation at public senior high schools in Karangasem regency. The abstacle is there are still many teachers who are not relevant with their task as extracurricular advisor.most of them have never followed the education and training program special tor self development,bisiders,the are not enough school infrastructures to support the implemantation of self – development.

Keywords: Self-Development.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.