PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD SE-GUGUS IV MENGWI

A.AGUNG MAS AGUNG ARISCA DEVI ., PROF. DR. NYOMAN DANTES ., PROF. DR. NI KETUT SUARNI, M.S .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD se-Gugus IV Mengwi. Rancangan penelitian ini adalah The Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini berjumlah 235 orang. Sedangkan sampelnya berjumlah 60 siswa. Data yang dikumpulkan adalah motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes essay. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi berprestasi antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran CTL dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran CTL dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) terdapat perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA secara bersama-sama antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran CTL dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : model pembelajaran CTL, motivasi berprestasi, hasil belajar IPA

This study aims to determine the effect of the CTL learning model of achievement motivation and learning outcomes IPA six graders se-Cluster IV Mengwi. The design of this study is the Posttest Only Control Group. The study population numbered 235 people. While the sample of 60 students. The data collected is achievement motivation and learning outcomes IPA. Data were collected by questionnaires achievement motivation, while the Science learning outcome data collected by essay test. Data were analyzed using SPSS MANOVA assisted 17:00 for windows. Research results show that: 1) there are significant differences between the achievement motivation group of students who take the learning CTL with a group of students who take conventional learning, 2) there is a significant difference between the groups IPA learning results of students who take the learning CTL with a group of students who take the learning Conventional, 3) there are differences in achievement motivation and learning outcomes IPA jointly between groups of students who take the learning CTL with a group of students who take conventional learning.
keyword : CTL learning model, achievement motivation, learning outcomes IPA



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.